Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Gaya Hidup ala Google

Kompas.com - 30/06/2014, 10:32 WIB
Penulis: Yansen Kamto*

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Menghadiri acara Google selalu menyenangkan. Tahun ini saya kembali ke Google I/O 2014 di San Francisco untuk kedua kalinya. Kali ini begitu banyak pengalaman berbeda yang saya alami, khususnya terkait gaya hidup.

Kita semua tahu kalau dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa lepas dari Google. Mulai dari search engine, email, sampai smartphone. Tapi nyatanya, Google tidak berhenti sampai di situ. Sebagai pencipta tren alias trend setter di industri teknologi, Google merambah berbagai hal lain untuk mengembangkan konsep masa depan di mana teknologi adalah semua aspek kehidupan.

Ada sebuah artikel dari Ziliun mengenai Google sebagai pembuat tren terbaru di sini: http://ziliun.com/id/what-we-think/technology-trendsetter-heart-valley

Produk-produk teknologi menarik yang diluncurkan Google seperti Android Wear, Android Auto, Android TV, Nest hingga Google Fit.

Booth Android Wear selalu ramai dikunjungi sepanjang acara dua hari ini dari 25-26 Juni 2014. Di sana kita bisa mencoba dan menanyakan apapun tentang smartwatch dari LG, Samsung dan Motorola. Yang serunya, semua peserta Google I/O bisa mendapatkan langsung sebuah smart watch dari LG atau Samsung, dan sekaligus Motorola yang akan keluar dalam waktu dekat.

Untuk pertama kalinya juga, Google menghadirkan 3 mobil di arena pameran, bagi para peserta yang ingin mencoba aplikasi Android Auto. Booth ini dibangun mirip sekali dengan pameran mobil.

Yansen Kamto
Android Auto dipamerkan di acara Google I/O 2014.
Booth lainnya yang menarik perhatian saya adalah Android TV. Suasananya dibikin persis sama seperti ruang keluarga. Ulasan yang detail bisa dibaca di sini.
Yansen Kamto
Suasana booth Android TV di Google I/O 2014.
Satu lagi yang cukup mencuri perhatian adalah Nest, sebuah perusahaan rintisan yang memproduksi termostat yang sekarang diakuisisi oleh Google. Bukan cuma sekadar mengontrol suhu rumah dan ruangan dari jauh, termostat ini juga berguna untuk kita yang mau menghemat biaya listrik, dan tentunya produk ini mendorong kita untuk go green, karena alat ini mendorong kita untuk hemat energi.

Kalau ada teman-teman yang tahu Amanda Surya, salah seorang perempuan Indonesia yang kerja di Google, nah, di booth ini saya bertemu dengan Amanda, yang kini menjabat sebagai Developer Relations di Nest.

Yansen Kamto
Booth Nest di Google I/O 2014.
Sementara itu, Google Fit adalah sebuah platform di mana pengguna bisa mengontrol data tentang aktivitas mereka yang berhubungan dengan kesehatan. Developer juga dapat mengembangkan aplikasi menggunakan Google Fit SDK.
Yansen Kamto
Google Fit di Google I/O 2014.
Saya sangat menunggu semua inovasi ini segera hadir di Indonesia. Saya membayangkan bagaimana Android Auto bisa digunakan pada saat jalanan super macet di Jakarta, bagaimana perusahaan elektronik akan bereaksi dengan penghematan listrik dengan Nest, dan bagaimana Google Fit akan digunakan para hipster yang senang berlari sambil bergaya.

Yang lebih penting lagi, membayangkan bagaimana developer di Indonesia bisa menghasilkan teknologi yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari bagi banyak orang.

Tulisan ini merupakan bagian awal dari catatan perjalanan selama 10 hari di Amerika Serikat. Yansen Kamto adalah pendiri dan Chief Executive dari Kibar, sebuah perusahaan konsultan teknologi dengan misi mengibarkan talenta berbasis industri teknologi di Indonesia. Seluruh biaya perjalanan di Amerika Serikat dibiayai sepenuhnya oleh Kibar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com