Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pengguna Android Segera Kalahkan Apple

Kompas.com - 03/07/2014, 07:29 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BGR
KOMPAS.com - Walau dalam hal jumlah pengiriman smartphone Android sudah lebih unggul dari iOS, namun menurut perusahaan Net Applications, platform iOS selama ini masih menjadi pemimpin dari sisi penggunaan. Namun dominasi iOS tersebut diprediksi tak akan bertahan lama.

Net Applications, perusahaan yang memonitor lalu-lintas data internet mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya telah melakukan riset dengan memantau lalu lintas web global, termasuk perangkat yang dipakai.

Dari riset tersebut, ternyata hingga bulan Juni 2014, pengguna internet dengan platform iOS semakin menurun dalam kurun dua bulan terakhir.

Menurut riset yang dilakukan oleh Net Applicatons, penggunaan smartphone dan tablet Android secara global terus meningkat dalam kurun tiga bulan terakhir, yaitu 37,75 persen di bulan April, 41,58 persen di bulan Mei, dan 43,75 persen di bulan Juni.

Di sisi lain, penggunaan platform iOS untuk ber-internet justru semakin menurun hingga di bawah 50 persen. Penurunan tersebut terjadi untuk pertama kalinya.

Pada bulan Mei tahun ini, penggunaan iOS turun dari 51,11 persen di bulan sebelumnya menjadi 48,34 persen. Sementara di bulan Juni, jumlah penggunanya juga semakin menurun menjadi hanya 45,61 persen.

Dikutip dari BGR (1/7/2014), jika tren seperti ini terus berlanjut, maka Net Applications memprediksi dominasi iOS akan disalip oleh Android dalam hal penggunaan perangkat mobile.

Namun, Apple dengan iOS-nya masih bisa bangkit lagi berkat sejumlah perangkat mobile baru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat, seperti iPhone 6 dan lini iPad terbaru yang akan rilis akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com