Galaxy Tab S Bisa Gratisan Wifi Telkomsel dan Indosat - Kompas.com

Galaxy Tab S Bisa Gratisan Wifi Telkomsel dan Indosat

Oik Yusuf
Kompas.com - 04/07/2014, 15:03 WIB
oik yusuf/ kompas.com
Aplikasi S-Air berjalan di Galaxy Tab S

KOMPAS.com - Untuk mendampingi tablet Galaxy Tab S yang sedianya bakal dirilis di pasaran Indonesia bulan ini, Samsung turut membikin sebuah layanan khusus bernama S-Air.

Layanan berbentuk aplikasi tersebut nantinya memungkinkan pengguna tersambung ke jaringan W-LAN Super WiFi milik Indosat dan @wifi.id dari Telkomsel. Pengguna tak harus menggunakan kartu dari kedua operator tersebut untuk bisa menikmati sambungan Wi-Fi melalui S-Air.

“Proses koneksinya berlangsung otomatis, ketika aplikasi terbuka, mana yang dipilih tergantung sinyal terkuat,” jelas Manager Product Marketing Content & Services Samsung Indonesia, Dolly Surya, di Jakarta, Kamis (3/7/2014).

Dolly berharap aplikasi S-Air akan segera tersedia di Google Play Store dalam waktu dekat, bersama dengan kehadiran Galaxy Tab S.

“Aplikasi ini murni inisiatif dari Samsung Indonesia. Di Amerika ada layanan serupa bekerja sama dengan operator AT&T dan Verizon, tapi namanya berbeda,” imbuh Dolly.

Cocok untuk tablet

Para pemilik Galaxy Tab S nantinya akan mendapat kesempatan memakai S-Air selama tiga bulan. Setelah itu ada biaya yang akan dikenakan. Dolly mengatakan belum bisa merinci metode pembayaran apa yang bakal diterapkan, namun terdapat beberapa opsi.

“Bisa dengan kartu kredit, atau potong pulsa, yang jelas kami ingin prosesnya berjalan seamless, tidak mengganggu pengguna,” kata Dolly.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa Galaxy Tab S ditargetkan bisa tersambung ke 100.000 titik access point jaringan Wi-Fi milik @wifi.id dan Super WiFi, dengan konsentrasi terbesar di daerah Jabodetabek dan Denpasar.

Mengapa memberikan akses WiFi untuk tablet? Dolly menjelaskan bawa fasilitas S-Air lebih cocok untuk karakteristik penggunaan tablet, dibanding smartphone.

“Tablet sering dipakai di satu tempat dalam waktu lama, misalnya rumah, mal, atau kantor, berbeda dengan smartphone yang cenderung mobile dan bisa mengandalkan mobile data,” katanya.

Untuk sementara waktu, Dolly mengatakan bahwa layanan itu baru akan tersedia untuk Galaxy Tab S. Namun tak menutup kemungkinan bahwa para pemilik gadget Samsung lain bakal bisa menikmati layanan S-Air.

“Kami akan coba evaluasi, dilihat dulu apakah ada demand-nya,” pungkas Dolly.

PenulisOik Yusuf
EditorWicak Hidayat
Komentar
Close Ads X