Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Pantau Koneksi Internet Lelet

Kompas.com - 07/07/2014, 11:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Layanan berbagi video YouTube kini turut memerhatikan koneksi internet dari operator telekomunikasi. YouTube akan memberi informasi faktor-faktor yang membuat koneksi internet Anda tidak dapat memutar video dengan lancar.

Jika koneksi internet buruk, kini YouTube akan menampilkan pesan pop-up dalam kotak warna biru muda yang berbunyi: "Experiencing interruptions? Find out why" (Mengalami gangguan? Cari tahu mengapa).

Ketika pengguna mengklik tombol "Find out why," ia akan dibawa pada halaman berjudul Video Quality Report yang menginformasikan tentang kecepatan internet hingga nama operator telekomunikasi yang digunakan.

Nah, kecepatan internet tersebut akan dibandingkan dengan kebutuhan untuk memutar video definisi tinggi (HD Verified) untuk resolusi minimum 720p, definisi standar (Standard Definition) yaitu resolusi 360p, dan definisi rendah (Lower Definition) untuk resolusi di bawah 360p.

Jika sudah mengetahui koneksinya sedang tidak baik, pengguna diharapkan dapat memilih resolusi video yang sesuai dengan kecepatan internetnya.

"Ingatlah bahwa peringkat ini fokus pada semua pengguna di jaringan milik penyedia jasa internet di suatu wilayah, bukan koneksi Anda sendiri," tulis YouTube dalam pengumuman resmi.

Langkah ini diambil Google selaku pengelola YouTube, karena mereka tidak mau disalahkan jika video tidak berjaan dengan mulus. Padahal, kendala tersebut berasal dari koneksi internet yang lambat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com