Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 6 Masih "Fakir Colokan"?

Kompas.com - 08/07/2014, 17:07 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Daya tahan baterai memang sedang menjadi sorotan vendor-vendor smartphone saat ini. Google bahkan membuat proyek khusus untuk memperpanjang sumber tenaga smartphone ini.

Rival Google, Apple juga kabarnya akan memperbaiki performa baterai milik iPhone 6 yang akan dirilis selanjutnya. Selain menambah kapasitas, Apple juga akan menyertakan software optimasi baterai.

Namun, menurut rumor yang beredar, kapasitas baterai iPhone 6 akan tetap di bawah kapasitas baterai smartphone Android. Rumor yang beredar di situs Phone Arena (7/7/2014), mengatakan bahwa iPhone 6 dengan layar 4,7 inci hanya dibekali baterai dengan daya 1800 - 1900 mAh.

Sementara untuk versi 5,5 inci-nya, Apple akan menyertakan baterai dengan kapasitas 2500 mAh. Kapasitas baterai itu disebut tetap ketinggalan jika dibanding smartphone-smartphone Android premium saat ini yang mulai mengadopsi baterai dengan daya di atas 3000 mAh.

Lalu, apakah ini berarti pengguna iPhone akan tetap menjadi "fakir colokan" di tempat-tempat umum? Bisa jadi tidak, sebab selain kapasitasnya sedikit bertambah (baterai iPhone 5s saat ini 1570 mAh), Apple kemungkinan juga menyertakan software optimasi dalam iPhone 6.

Software yang berguna untuk mengotimalkan daya tahan baterai tersebut bekerja dengan mengatur layar dan tugas-tugas aplikasi yang dikerjakan oleh sistem dalam perangkat.

Dengan software tersebut, diharapkan Apple bisa mendekati daya tahan baterai smartphone-smartphone Android.

Namun perlu diingat bahwa informasi kapasitas baterai yang beredar untuk iPhone 6 tersebut masih berupa rumor dan spekulasi. Bisa saja di masa mendatang Apple memberikan kapasitas baterai yang lebih besar, karena iPhone 6 juga masih dalam tahap pengembangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com