Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Versi Desktop Ada Penggarisnya

Kompas.com - 10/07/2014, 14:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google memberikan penambahan fitur baru dalam layanan petanya, Google Maps versi desktop. Fitur baru tersebut memungkinkan penggunanya mengukur jarak antara kedua titik atau lebih.

Google merilis fitur pengukur jarak tersebut pada Rabu (9/7/2014), dan menurut halaman resmi Google Plus-nya, fitur tersebut ditujukan untuk pehobi sepeda, lari, atau mereka yang suka berjalan kaki dan membutuhkan kalkulasi jarak yang akan ditempuh.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup mengakses halaman web Google Maps dan klik kanan dengan mouse di peta. Menu baru akan muncul yang salah satunya adalah "measure distance."

Setelah itu, klik kiri mouse dari satu titik ke titik berikutnya yang ingin dihitung jaraknya. Titik-titik tersebut akan dihubungkan dengan penggaris yang menampilkan ukuran jarak. Titik baru yang dibuat akan otomatis terhubung dan menambah total jarak.

Pengguna juga bisa mengubah-ubah posisi titik di peta. Pengukuran jaraknya pun secara otomatis akan menyesuaikan.

Berbeda dengan fitur GPS dalam versi mobile, jarak yang ditampilkan dalam desktop adalah jarak antar dua titik dalam garis lurus. Sementara dalam mode GPS mobile, Google Maps memberikan estimasi jarak jalan yang ditempuh.

Update terbaru ini hanya berlaku untuk Google Maps versi desktop saja. Belum ada kepastian apakah fitur tersebut juga akan ditambahkan dalam aplikasi Google Maps di Android dan iOS atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com