Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Headset Virtual Reality Samsung?

Kompas.com - 11/07/2014, 08:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET
Bocoran gambar Headset VR Samsung

KOMPAS.com - Rupa headset virtual reality (VR) besutan Samsung makin jelas dengan beredarnya sebuah bocoran gambar yang disinyalir menunjukkan perangkat tersebut.

Dalam gambar yang dilansir oleh Engadget itu headset VR Samsung tampak memiliki bagian frame berwarna merah dan hitam.

Ada pula mekanisme pengendali berupa Touch Pad yang mirip dengan Google Glass dan sebuah tombol berlabel “see through”.

Dari bentuknya, headset VR Samsung ini disinyalir sudah merupakan versi final, bukan versi developer kit yang beredar di kalangan tertentu.

Headset VR Samsung beroperasi dengan terhubung ke smartphone lewat kabel USB 3.0, di mana perangkat ini kemudian bakal berperan sebagai pengganti layar ponsel.

Fitur accelerometer, gyroscope, dan kemampuan pemrosesan ponsel kemudian bakal dipakai untuk melacak pergerakan kepala pengguna oleh headset, sehingga perangkat VR itu tak perlu memiliki sensor sendiri.

Bagian perangkat keras headset dibuat oleh Samsung sendiri, sementara perangkat lunaknya ditangani oleh Oculus VR, perusahaan di balik headset VR Oculus Rift.

Headset VR ala Samsung ini kabarnya bakal diperkenalkan secara resmi pada gelaran IFA 2014 di Berlin, Jerman, awal September mendatang. Namanya diperkirakan bakal mirip dengan gadget Samsung lain, yaitu “Gear VR”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com