Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak "Zombie" Berkeliaran di App Store

Kompas.com - 12/07/2014, 16:12 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Ilustrasi

KOMPAS.com - Apple saat ini memiliki sekitar 1 juta aplikasi dalam toko aplikasinya, Apple App Store. Dari jumlah itu, sebagian besar atau 80 persen di antaranya disinyalur merupakan aplikasi "Zombie."

Apa yang dimaksud dengan aplikasi "zombie" ini? Sebutan tersebut digunakan oleh perusahaan analitik, Adjust untuk merujuk pada judul yang tidak pernah muncul di deretan teratas aplikasi selama dua atau tiga hari berturut-turut selama masa evaluasi satu bulan.

Dalam risetnya, Adjust meneliti berapa banyak aplikasi yang tidak pernah dilihat oleh pengunjung App Store, atau tidak pernah muncul di permukaan. Dengan demikian, karena jarang dilihat oleh pengguna, maka aplikasi-aplikasi tersebut juga jarang diunduh.

Hingga Juni 2014 lalu, aplikasi zombie mencapai 79,6 persen dari semua aplikasi di App Store. Jumlah tersebut setara dengan 953.387 aplikasi. Apple App Store saat ini memiliki total sekitar 1.197.087 aplikasi.

Jka dilakukan perbandingan dengan data sebelumnya, ternyata aplikasi zombie ini memiliki tren yang semakin bertambah. Pada bulan Juni tahun lalu, Adjust hanya menemui sekitar 70 persen aplikasi zombie di App Store.

Jumlahnya pun makin bertambah pada Desember 2013 hingga mencapai 75 persen.

Menurut Phone Arena (10/7/2014), hingga saat ini metode pencarian di toko-toko aplikasi mobile memang masih menjadi kendala. Banyaknya aplikasi yang terkandung di dalamnya menyulitkan pengguna dalam mencari dan developer dalam memasarkan aplikasinya.

Apple sendiri selain telah memiliki 1 juta aplikasi, juga selalu mendapatkan tambahan sekitar 60 ribu aplikasi baru setiap harinya. Solusi inovatif dibutuhkan untuk memudahkan pencarian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com