Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Tutup Anak Usahanya di Jerman

Kompas.com - 15/07/2014, 08:29 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - BlackBerry menutup salah satu anak usahanya yang ada di Jerman, Scoreloop. Semua operasional dan layanan Scoreloop akan dihentikan efektif mulai 1 Desember 2014.

Scoreloop adalah salah satu perusahaan yang diakuisisi BlackBerry pada Juni 2011 lalu dengan nilai 71 juta dollar AS. Perusahaan ini memberikan layanan billing suatu aplikasi yang bisa digunakan oleh developer mobile.

Menurut pernyataan resmi BlackBerry, seperti dikutip dari Cellular News, Senin (14/7/2014), alasan penutupan tersebut sejalan dengan strategi BlackBerry yang ingin lebih fokus pada layanan korporat.

"Keputusan ini sesuai dengan strategi BlackBerry yang ingin agar para pengembangnya fokus membuat solusi untuk kebutuhan konsumen enterprise," demikian terang BlackBerry dalam pernyataannya.

Perubahan strategi BlackBerry yang lebih fokus kepada segmen enterprise memang mengorbankan developer yang selama ini mengerjakan aplikasi dan layanan untuk segmen konsumer. Seperti yang terjadi pada akhir Juli lalu, BlackBerry merumahkan 65 programer yang selama ini mengembangkan aplikasi konsumer.

Fokus BlackBerry di segmen korporat memang menjadi salah satu strategi perusahaan untuk menggenjot keuntungan. Di segmen ini, Blackberry menjual software mobile management dan layanan security-nya untuk pelanggan enterprise.

Bahkan, minggu lalu BlackBerry Jerman juga telah menjual fasilitas riset dan pengembangannya kepada produsen otomotif Volkswagen.

Dengan fokus di segmen korporat, maka BlackBerry berharap bisa memperbesar pangsa pasar globalnya yang saat ini sudah kurang dari 1 persen. Segmen korporat, otomotif, dan kesehatan kini menjadi andalan terakhir BlackBerry untuk bangkit. Jika tidak berhasil juga, maka BlackBerry diramalkan bisa bangkrut di tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com