Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor Facebook dan Twitter di Final Piala Dunia 2014

Kompas.com - 15/07/2014, 16:49 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Final Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brasil telah usai, yang menobatkan tim nasional Jerman sebagai juaranya. Keriuhan pertandingan final pesat sepakbola sejagat itu juga terjadi di Facebook dan Twitter.

Facebook sendiri mencatat pertandingan final Piala Dunia 2014 antara timnas Jerman melawan Argentina itu tercatat  dalam rekor sebagai ajang olahraga terbesar yang diperbincangkan di jejaring sosialnya.

Tak kurang dari 280 juta interaksi terjadi di halaman sosial media milik Mark Zuckerberg itu sepanjang pertandingan, termasuk postingan, komen, dan Likes. Interaksi tersebut berasal dari 88 juta pengguna Facebook di berbagai negara.

Secara keseluruhan, jumlah interaksi di Facebook sepanjang Piala Dunia 2014 mencapai 3 miliar, yang dilakukan oleh 350 juta orang di penjuru dunia.

Mayoritas pengguna Facebook yang memperbincangkan ajang Piala Dunia adalah mereka yang berumur 18 - 24 tahun. Sementara, tim nasional Argentina menjadi tim yang paling populer atau banyak disebut di Facebook.

Twitter

Jejaring sosial populer lainnya, Twitter juga mencatat hal yang fantastis terkait Piala Dunia 2014 kali ini. Menurut Twitter, seperti dikutip dari Cnet (14/7/2014), terdapat sekitar 32,1 juta kicauan yang dibuat sepanjang pertandingan final Piala Dunia 2014.

Pertandingan itu menurut Twitter menjadi pertandingan yang tiap menitnya dikicaukan paling banyak. Tiap menitnya, terdapat sekitar 619.000 kicauan yang dikirim pengguna setelah tim nasional Jerman keluar sebagai juara.

Namun, walau pertandingan final itu mencatatkan rekor tertinggi dalam hal tweet per menit, sayangnya partai final Piala Dunia 2014 belum bisa menyaingi jumlah kicauan pertandingan Brasil melawan Jerman.

Pertandingan yang berakhir dengan skor 7-1 untuk kemenangan tim nasional Jerman itu menjadi pertandingan yang paling banyak diperbincangkan di twiiter, jumlahnya mencapai 35,6 juta kicauan.

Pertandingan itu sendiri menjadi pertandingan paling banyak diperbincangkan kedua di Facebook, setelah partai final Piala Dunia yang berlangsung Senin (14/7/2014) dini hari waktu Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com