Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dihapus, "Selfie" Telanjang Bisa Diambil Lagi

Kompas.com - 15/07/2014, 20:24 WIB
Data dan foto, termasuk foto selfie telanjang, yang sudah dihapus dari ponsel pintar ternyata masih bisa diambil kembali.

Proses ini berhasil dilakukan oleh perusahaan keamanan komputer Ceko, Avast, dengan menggunakan perangkat lunak yang banyak tersedia di internet.

Yang juga bisa diambil oleh Avast adalah e-mail, SMS, dan data pencarian di Google.

Data dan foto-foto tersebut diambil dari 20 ponsel pintar bekas yang dibeli Avas di situs lelang eBay.

Secara keseluruhan Avast menemukan 40.000 foto, 750 di antaranya foto wanita dengan 'pakaian minim' dan '250 selfie telanjang yang memperlihatkan alat kelamin'.

Selain itu ditemukan 750 surat elektronik dan 250 kontak lengkap dengan alamat email.

"Menghapus foto atau data dari ponsel Android sebelum ponsel ini dijual atau diberikan ke orang lain, tidak cukup untuk menjamin bahwa foto tersebut benar-benar hilang," kata Avas.

Para pakar keamanan memperingatkan satu-satunya cara menghapus foto atau data lain dari ponsel adalah dengan menghancurkan ponsel tersebut.

Menanggapi temuan ini, Google -yang memiliki sistem operasi Android- mengatakan, penelitian Avast tidak mencerminkan tingkat keamanan yang dimiliki ponsel Android dewasa ini.

Google menyarankan pemilik Android untuk mengaktifkan enkripsi sebelum ponsel dikembalikan ke pengaturan asli (facotory reset).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com