Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh, Rusia "Sensor" Wikipedia #MH17

Kompas.com - 21/07/2014, 16:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Foto pesawat Malaysia Airlines MH17 yang diunggah seorang turis Belanda di akun Facebook-nya beberapa saat sebelum ia naik ke pesawat yang nahas itu

KOMPAS.com — Dunia masih berduka dengan tewasnya 298 orang dalam penerbangan Malaysia Airlines MH17. Namun, "perang" untuk menimpakan kesalahan atas pesawat naas itu agaknya sudah dimulai di internet.

Sebuah laman Wikipedia yang memuat informasi tentang MH17 dilaporkan mengalami penyuntingan oleh seseorang yang memiliki alamat IP dari pihak Pemerintah Rusia. Orang tersebut adalah pegawai perusahaan milik negara Rusia yang bertanggung jawab soal siaran TV dan radio (VGTRK).

Di dalam laman Wikipedia yang bersangkutan, terdapat keterangan bahwa MH17 ditembak jatuh oleh "teroris dari Republik Rakyat Donetsk menggunakan rudal yang diperoleh dari Federasi Rusia".

Keterangan tersebut diubah oleh si penyunting untuk menghilangkan nama "Federasi Rusia". Pesawat pun disebut ditembak jatuh oleh "tentara Ukraina" untuk menyalahkan negara itu atas kemalangan MH17.

Adanya penyuntingan ini diungkapkan oleh bot Twitter @RuGovEdits yang melakukan tweet secara otomatis setiap kali menemukan perubahan terhadap Wikipedia yang dilakukan oleh alamat IP dari Rusia.

"Artikel Wikipedia tentang daftar kecelakaan pesawat terbang sipil telah diedit oleh RTR (nama lain VGTRK)," kicau @RuGovEdits pada minggu lalu sebagaimana dikutip oleh ArsTechnica, memberitahukan soal perubahan terkait.

Setiap penyuntingan terhadap Wikipedia memang dicatat, berikut dengan alamat IP dan user name editor yang bersangkutan.

Hingga kini, masih belum jelas siapa yang menembak jatuh MH17 dengan rudal. Pihak Rusia dan Ukraina saling tuding mengenai siapa yang bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com