Setelah 4 Tahun, Google Akui Chrome Bikin Baterai Boros - Kompas.com

Setelah 4 Tahun, Google Akui Chrome Bikin Baterai Boros

Oik Yusuf
Kompas.com - 22/07/2014, 10:00 WIB
GeekInsider.com
Ilustrasi

KOMPAS.com - Merasa baterai laptop cepat habis ketika berselancar menggunakan peramban Google Chrome? Anda mungkin tak sendiri. Sekitar pertengahan bulan ini kontributor Forbes, Ian Morris, mengangkat masalah tersebut ke permukaan.

Minggu lalu, muncul kabar bahwa Google akan mengatasi persoalan tersebut. Pernyataan Google yang dikutip PC World menyebutkan bahwa perbaikan bug yang memboroskan baterai telah menjadi “prioritas utama” tim pengembang Chrome di Google.

Yang jadi masalah, seperti ditambahkan oleh Morris, masalah ini sebenarnya sudah berlangsung lama, yakni sejak 2010 ketika laporan terkait mengemuka pertama kali. Persoalan Chrome tak kunjung ditanggapi oleh Google sampai kemudian Morris menulis artikel tentang itu.

Morris menjelaskan bahwa pemborosan baterai terjadi  Chrome memaksa prosesor berada dalam kondisi aktif (system clock tick rate sebesar 1 milidetik) sepanjang waktu, walaupun browser sedang tidak bekerja.

Sebagai perbandingan, peramban Internet Expoler menggunakkan angka tick rate sebesar 15 milidetik dan hanya memperpendek waktu tersebut ketika mengerjakan tugas berat, seperti streaming video.

Akibatnya, masih menurut pemaparan Morris, konsumsi daya bisa meningkat hingga 25 persen ketika pengguna menjelajah internet menggunakan Chrome. Google sendiri belum memastikan kapan Chrome akan diperbarui untuk mengatasi pemborosan baterai.

PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
SumberPCWorld
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM