Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bantah iPhone dan iPad Dibekali "Pengintip"

Kompas.com - 23/07/2014, 13:56 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Apple dan sejumlah perusahaan elektronik mendapat tudingan memiliki backdoor (celah keamanan) di produk-produk yang mereka buat. Tudingan itu muncul dalam dokumen NSA yang dibocorkan oleh whistleblower, Edward Snowden.

Menanggapi tuduhan itu, Apple membantah keras telah berkompromi dengan lembaga pemerintah NSA (National Security Agency) untuk membuat backdoor dalam produknya.

Selain itu, ilmuwan forensik dan penulis Jonathan Zdziarski juga menuduhkan hal yang sama dalam perangkat Apple, seperti iPhone dan iPad. Menurutnya, NSA telah memanfaatkan beberapa fitur dan layanan iOS untuk mengumpulkan data dari seseorang yang menjadi targetnya.

"Saya mencurigai (berdasar dokumen yang beredar) bahwa beberapa layanan Apple bisa jadi telah dimanfaatkan oleh NSA untuk mengumpulkan data dari target potensial mereka," ujar Zdziarski.

Walau Zdziarski tidak menuduh Apple bekerjasama dengan NSA, namun ia yakin bahwa backdoor itu memang ada di perangkat-perangkat Apple.

Dalam sebuah pernyataan, yang dilansir dari Cnet (22/7/2014), Apple sendiri mengatakan telah mendesain iOS sehingga fungsi diagnostiknya tidak melanggar privasi dan keamanan penggunanya.

Walau demikian, Apple mengakui mengambil sejumlah informasi dari produk-produk yang dipakai penggunanya, namun bertujuan untuk menyediakan informasi bagi departemen IT mereka, pengembang, dan mengatasi masalah teknis yang muncul.

Sebelum menggunakan perangkat Apple, pengguna harus menyetujui bahwa mereka akan membagi informasi tersebut di atas. Data yang diarik oleh Apple pun diklaim tidak dibagikan dengan pihak lain tanpa sepengetahuan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com