Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Melorot hingga di Bawah 1 Persen

Kompas.com - 01/08/2014, 15:15 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi sistem operasi BlackBerry 10

KOMPAS.com - Laporan firma riset pasar Strategy Analytics untuk kuartal kedua 2014 mengungkapkan bahwa platform BlackBerry mengalami penurunan pangsa pasar global hingga menjadi kurang dari 1 persen.

Platform milik pabrikan ponsel asal Kanada tersebut kini hanya menguasai market share sebesar 0,6 persen di seluruh dunia, turun dari angka 2,4 persen pada kuartal yang sama tahun lalu.

"Pangsa pasar BlackBerry turun dari (dua) persen ke (satu) persen selama satu tahun terakhir karena lini perangkat BlackBerry 10 kurang diminati," ujar Direktur Strategy Analytics Woody Oh yang dikutip oleh The Inquirer.

Strategy Analytics mencatat bahwa angka pengapalan smartphone global mengalami pertumbuhan sebesar 27 persen, yakni dari 233 juta unit pada kuartal kedua 2013 menjadi 295,2 juta unit pada kuartal kedua 2014.

Namun, agaknya tak banyak pembeli yang memilih ponsel buatan BlackBerry. Pengapalan smartphone perusahaan  itu pada kuartal kedua 2013 tercatat sebesar 5,7 juta unit, namun angka itu menciut menjadi hanya 1,9 juta unit pada kuartal kedua 2014.

Selain BlackBerry, perangkat iOS juga mengalami penurunan pangsa pasar dari 13,4 persen menjadi 11,9 persen dalam kurun waktu yang sama.

Sementara itu, platform Android menjadi semakin dominan dengan kenaikan pangsa pasar dari 80,2 persen pada kuartal kedua 2013 menjadi hampir 85 persen pada kuartal kedua 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com