Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bikin Laptop Android Wear?

Kompas.com - 12/08/2014, 08:12 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google disinyalir sedang membuat sebuah laptop. Namun laptop tersebut bukan Chromebook yang selama ini sudah beredar, karena yang ini menggunakan sistem operasi Android Wear.

Kesimpulan tersebut diambil dari hasil uji benchmark yang muncul di situs GFXBench. Dalam situs tersebut, diberitakan Phone Arena (10/8/2014), perangkat dengan layar 10,3 inci tersebut memiliki spesifikasi yang lebih dekat dengan perangkat laptop, bukan tablet.

Mengapa bisa disimpulkan demikian? Dalam daftar spesifikasi di situs GFXBench, perangkat yang disebut Google Nexus Foo itu memiliki resolusi 1920 x 1080, dengan prosesor Tegra 4 1,9 GHz dan RAM 2 GB.

Hal yang membuat yakin perangkat itu adalah laptop adalah karena tidak disebutkannya fitur layar sentuh yang didukung. Selain itu, Nexus Foo tidak memiliki kamera belakang, hanya depan saja.

Nexus Foo memiliki Bluetooth dan WiFi, namun tidak memiliki akselerometer, barometer, GPS, kompas, sensor gyroscope, sensor cahaya, NFC, serta sensor proximity.

Karena spesifikasi itulah maka Google Nexus Foo disebut-sebut lebih sesuai menjadi sebuah laptop, alih-alih tablet.

Yang lebih menarik, perangkat tersebut didaftarkan menjalankan Android KKWT, yang merupakan build number dari Android Wear, sistem operasi Android yang dibuat Google untuk perangkat wearable, serta mengusung OpenGL ES 2.0.

Untuk diketahui, seluruh smartphone dan tablet Android 4.3 dan 4.4 yang beredar selama ini menjalankan versi OpenGL 3.0, sementara Android L yang baru diperkenalkan menjalankan OpenGL 3.1

Nama "Foo" yang digunakan Google juga jauh dari standar penamaan sandi perangkat Nexus-nya, yang selama ini menggunakan nama hewan akuatik.

Apa pun perangkat yang sedang disiapkan Google, jika memang benar-benar ada, maka perangkat tersebut bisa menjadi momok yang menakutkan, berbeda dari semua portofolio produk komersil Google yang ada selama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com