Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Menit, Ponsel Android Teraman Bisa Dibobol

Kompas.com - 12/08/2014, 14:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC Pro

KOMPAS.com - Blackphone adalah smartphone berbasis Android Kitkat yang diklaim teraman di dunia oleh pembuatnya, Silent Circle.

Namun, ahli keamanan bernama Justin Case ternyata berhasil "membobol" Blackphone dalam konferensi DefCon yang berlangsung di Las Vegas, AS, akhir minggu lalu.

Case mengatakan bahwa ia hanya membutuhkan waktu lima menit untuk memperoleh akses root pada perangkat itu dan mengaktifkan Android Debugging Bridge (ADB). Dia bahkan tak perlu mambuka bootloader Blackphone.

Meski demikian, pihak Silent Circle mengatakan bahwa hal yang dilakukan oleh Case tidak menunjukan kelemahan keamanan dari produknya.

"Menyalakan ADB bukanlah celah sekuriti karena ini merupakan bagian dari sistem operasi Android," kata CSO Silent Circle yang dikutip oleh PCPro. "Kami mematikan ADB karena merupakan bug aplikasi yang bisa mempengaruhi pengalaman pengguna."

Kebanyakan exploit yang ditemukan oleh Case kini sudah ditambal. Sisanya hanya bisa diakses dengan meminta persetujuan pengguna. Namun, hal ini tak urung menimbulkan kekhawatiran soal keamanan Blackphone.

Silent Circle memang mengedepankan aspek sekuriti pada BlackPhone. Ponsel ini menggunakan Android Kitkat versi custom yang dinamai PrivatOS.

Spesifikasi Blackphone mencakup layat 4,7 inci (1280x720), prosesor quad-core 2 GHz, RAM 2 GB, storage 16 GB, dan kamera 8 megapixel dengan flash. Harganya dipatok di kisaran 629 dollar AS dan telah mulai dikapalkan ke pembeli pada Juni lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC Pro
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com