Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Segera Rilis PlayStation TV

Kompas.com - 13/08/2014, 13:11 WIB
Setelah menjajaki pasar Jepang sejak tahun lalu, Sony memutuskan untuk juga merilis konsol game PlayStation TV di Amerika Serikat, Inggris, dan Eropa.

Sony mengatakan konsol tersebut akan dilansir di Amerika Serikat pada 14 Oktober mendatang seharga 99 dollar AS. Konsol serupa akan diluncurkan di Eropa pada 14 November nanti seharga 99 euro.

Variasi fitur PlayStation TV di dua kawasan itu sengaja ditampilkan berbeda. Di Eropa, pembelian konsol tersebut akan ditambah tiga game gratis.

Sedangkan di AS, pembeli PlayStation TV dapat mengakses layanan game Sony secara streaming atau dikenal dengan sebutan PlayStation Now.

Adapun kesamaan fitur di dua kawasan ialah akses perpustakaan game Sony melalui Remote Play.

Persaingan

Sejumlah analis menilai aksi Sony sebagai upaya dalam bersaing dengan konsol serupa yang mengakses game dengan cara streaming dan ditampilkan pada layar televisi, seperti AppleTV dan Roku.

“Televisi ini bisa bersaing dengan peranti sejenis, semisal Apple, Roku, dan Amazon FireTV. Peranti tersebut bukanlah layanan streaming yang paling kuat dan bukanlah peranti game paling bagus, tapi cukup bila ditinjau dari harganya,” kata Brian Blau, kepala riset bidang teknologi untuk konsumen di lembaga Gartner, kepada BBC.

Analis lain berpendapat bahwa konsol game televisi bukan ditujukan kepada segmen ‘pecandu’ game, melainkan untuk mereka yang ingin bernostalgia dengan memainkan game-game lawas PlayStation.

“Sony mencoba mengenalkan PlayStation kepada segmen yang lebih luas. Mereka bisa menyasar konsumen dengan pendapatan rendah sehingga mereka bisa memperleh akses ke perpustakaan game,” kata Michael Pachter, analis riset lembaga sekuritas Wedbush Securities.

Bagaimanapun, Pachter memprediksi PlayStation TV tidak akan meraih sukses besar.

“Ini adalah peranti yang aneh dan sulit menjelaskannya ke banyak orang,” ujarnya.

Pengumuman tanggal peluncuran PlayStation TV mengemuka dalam konferensi pers di pameran game Cologne, Jerman. Di sana, Sony mengaku telah menjual 10 juta unit konsol PlayStation 4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com