Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dr. Safety Amankan Game di Ponsel

Kompas.com - 14/08/2014, 15:04 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Dr. Safety adalah aplikasi yang diklaim bisa membuat pengalaman bermain game mobile lebih aman. Salah satunya, dengan cara memberikan rekomendasi game apa saja yang aman untuk dimainkan.

Aplikasi dari Trend Micro ini melakukan kerjasama "Safe Gaming" dengan berbagai pengembang game untuk menghasilkan rekomendasi itu.

Fitur lainnya mencakup pemindaian pada semua apps dan file di ponsel dan mengidentifikasi aplikasi mana yang mengumpulkan data pribadi pengguna.

Dr Safety juga memiliki fitur blokir sutus berbahaya (anti-phishing), menemukan perangkat hilang (anti-theft) dan memblokir kontak yang tidak diinginkan (blacklist dan whitelist).

Menurut survei dari pihak Trend Micro, pengguna di Indonesia menduduki peringkat kedua dalam download aplikasi game mobile di Asia. Meski demikian, tingkat belanja aplikasinya disebut masih rendah.

Terrence Tang, Direktur Senior Konsumen Bisnis, Asia Pasifik, Trend Micro, mengatakan makin tingginya penetrasi ponsel pintar berarti makin terbukanya peluang penjahat dunia maya yang mengincar penggunanya. Demikian pula dengan besarnya industri game mobile.

Tang berharap plaformnya bisa membantu konsumen untuk memilih game yang aman dan terpercaya. "Meredakankekhawatiran mereka dari men-download aplikasi game mobile tiruan atau game mobile yang disisipi konten berbahaya”, ujarnya.

Beberapa pengembang yang bekerjasama dengan Trend Micro untuk insiatif "Safe Game" ini termasuk AppXplore, CreatioSoft, FunPlus, Games Solution Centre – Singapura, Gamiana, Gumi Asia, Monkey Wrench Games, PIGSSS GAMES, Softstar Entertainment dan Tuttifrutti Interactive.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com