Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Smartphone Dunia Tembus Rekor

Kompas.com - 15/08/2014, 16:19 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber IDC

KOMPAS.com - Hingga kuartal kedua tahun 2014, penjualan ponsel pintar di seluruh dunia mencatatkan rekor pencapaian yang baru.

Untuk pertama kalinya, jumlah smartphone yang terjual melampaui angka 300 juta unit di seluruh dunia, lebih tepatnya 301,3 juta.

Data yang dirilis oleh IDC pada Kamis (14/8/2014) itu menyatakan, jumlah tersebut naik 25,3 persen dibanding jumlah penjualan total di periode yang sama tahun lalu, yaitu sebesar 240,5 juta unit.

Tak ada yang  berubah, pasar smartphone dunia masih dikuasai oleh perangkat berbasis Android dan iOS yang keduanya jka dikombinasikan memiliki raihan pangsa pasar 96,4 persen.

Dari jumlah tersebut, Android masih mendominasi dengan total raihan pangsa pasar 84,7 persen. Jumlah penjualannya sendiri meningkat 33,3 persen dibanding tahun lalu, dari 191,5 juta unit menjadi 255,3 juta unit.

"Dengan banyaknya OEM yang menjual perangkat di bawah 200 dollar AS, Android mencapai kepopulerannya di pasar negara berkembang," ujar Ramon Llamas, Research Manager IDC.

Sementara iOS, walau jumlah penjualannya meningkat dari 31,2 juta unit tahun lalu menjadi 35,2 juta unit di tahun ini, namun pangsa pasarnya turun dari 13 persen menjadi 11,7 persen.

Windows Phone dan BlackBerry mengekor di belakang keduanya dengan masing-masing raihan pangsa pasar 2,5 persen dan 0,5 persen. Pangsa pasar keduanya turun dari masing-masing 3,4 persen dan 2,8 persen di tahun lalu.

Yang menarik, Windows Phone yang telah diperkenalkan sejak 2010 lalu hingga kini belum mampu menembus pangsa pasar 5 persen. Penjualannya pun sedikit menurun dari 8,2 juta unit tahun lalu menjadi 7,4 juta unit tahun ini.

Hal yang sama juga terjadi pada BlackBerry. Di kuartal kedua 2013 lalu penjualan BlackBerry di seluruh dunia mencapai 6,7 juta unit. Namun di kuartal dua 2014 ini, jumlahnya turun menjadi hanya 1,5 juta unit saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com