Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Pajang "Doodle" Karya Anak Bangsa

Kompas.com - 17/08/2014, 14:30 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Seperti biasa, halaman utama situs Google menampilkan doodle pada hari-hari istimewa, seperti pada HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada hari ini, Minggu (17/8/2014).

Yang lebih spesial lagi, doodle yang dipajang Google dalam memperingati HUT ke-69 Kemerdekaan RI tersebut ternyata adalah hasil karya anak Indonesia bernama Tommy Chandra.

Menurut situs resmi Google, Tommy yang merupakan seorang ilustrator itu memberikan masukan kepada Google mengenai beberapa hasil karya doodle-nya yang bertemakan HUT Kemerdekaan RI.

Ada sekitar 7 karya doodle yang di-submit Tommy, dan salah satunya terpilih menjadi doodle resmi HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

Menurut situs Ziliun, Tommy adalah ilustrator yang tergabung dalam agen ilustrator Fabula (Fabula.co.id). Agen tersebutlah yang menawarkan langsung sejumlah nama untuk proyek Google doodle 17 Agustus.

"Sungguh berita yang sangat menggembirakan begitu tahu saya yang dipilih,” ujar Tommy seperti dilansir dari Ziliun, Minggu (17/8/2014).

Menurut Tommy, dalam proses pembuatan doodle-nya itu, Google sempat memberikan saran untuk menampilkan tokoh politik dan peta negara Indonesia. Namun, Tommy lebih fokus menggarap doodle yang mengangkat kebudayaan Indonesia dan suasana 17-an.

“Menurutku, itu sih proses yang cukup menantang, dan pastinya seru, sampai akhirnya bisa muncul doodle yang bisa kalian lihat di homepage-nya Google.co.id,” katanya.

Doodle yang dibuat Tommy menggambarkan adegan anak-anak kecil yang dengan gembiranya mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih, yang lazim dilakukan setiap 17 Agustus.

Anak-anak tersebut berasal dari berbagai suku adat dan budaya, tergambar dari warna kulit, baju daerah, dan rumah-rumah adat yang digambarkan di latar belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com