Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Data Dorong Kinerja XL Axiata

Kompas.com - 22/08/2014, 08:16 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis


KOMPAS.com - Operator telekomunikasi XL Axiata melaporkan kinerja semester pertama 2014. Layanan data yang tumbuh menjadi pendorong kinerja perusahaan.

Seperti disampaikan dalam keterangan resminya, pendapatan XL meningkat 12 persen dibandingkan 2013. Angka yang tercapai di tahun ini adalah Rp 11.6 triliun.

Kinerja pendapatan tersebut dikatakan merupakan hasil dari pertumbuhan pendapatan layanan mereka, terutama data. Layanan data dilaporkan mengalami pertumbuhan pendapatan sebesar 45 persen.

Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL, mengatakan bahwa kontribusi layanan data meningkat dari 22 persen menjadi 28 persen terhadap total pendapatan dari pemakaian.

Sedangkan untuk percakapan dan SMS, keduanya tumbuh 5 persen dibandingkan 2013. Total pendapatan dari pemakaian tumbuh 14 persen dari 2013.
 
"Kami kembali melihat adanya peningkatan penggunaan layanan data, yang mendorong  peningkatan trafik Data secara signifikan hingga 158% dari tahun lalu," kata Hasnul.

Beberapa hal yang dilakukan XL terkait layanan data dalam periode ini termasuk mempromosikan kembali paket data Unlimited, paket bundling (HTC One Mini, Blackberry Z3, Samsung Galaxy Trend Lite) hingga kerjasama dengan Samsung untuk mencocokkan perangkat dan layanan data XL.

Dalam kesempatan itu, XL juga melaporkan jumlah pelanggan sebanyak 62,9 juta pelanggan. Angka ini mencerminkan peningkatan 16% dibandingkan tahun lalu. Dari jumlah itu, 32,2 juta pelanggan atau 51% adalah pelanggan data.

Pengguna smartphone XL mencapai 21% dari total pelanggan atau sebanyak 13,3 juta pelanggan selama kuartal pertama 2014.

-------------------------------------------------------------------
Hasnul Suhami, President Director XL Axiata Indonesia akan menjadi pembicara pada Asia Pacific Media Forum (APMF) 2014 di Bali, 18-20 September 2014. Info lengkap mengenai APMF dapat dilihat di www.apmf.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com