Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 9 Debut 30 September?

Kompas.com - 22/08/2014, 10:14 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft diberitakan akan merilis sistem operasi Windows 9 pada September mendatang. Rencananya, Microsoft akan menggelar acara khusus untuk menjelaskan fitur-fitur dan perubahan apa saja di dalamnya di hadapan pengembang.

Sistem operasi baru yang dalam tahap pengembangannya diberi nama sandi "Threshold" itu, menurut sumber dalam Microsoft kepada The Verge, Kamis (21/8/2014) akan diperkenalkan kemungkinan besar pada 30 September.

Namun, Microsoft belum merilis versi finalnya di tanggal tersebut, alih-alih hanya memperkenalkan versi developer preview-nya saja yang hanya terbatas untuk para pengembang.

Beberapa fitur baru penting dan preview teknis tentang sistem operasi terbarunya akan dipresentasikan Microsoft kepada para pengembang dan antusias Windows 9.

Sebelumnya, situs ZDnet juga telah memberitakan bahwa Microsoft berencana merilis versi preview Windows 9 di akhir September atau awal Oktober.

Versi preview tersebut akan menjadi penampilan debut tombol Start Menu mini dalam Windows 9, berikut dihapusnya fitur Charm-bar dan beberapa perubahan tampilan lainnya.

Fitur asisten virtual Cortana yang saat ini masih tersedia dalam Windows Phone juga disebut sedang dipersiapkan Micrsofot dalam OS Windows 9. Namun, nampaknya fitur tersebut belum akan diperlihatkan pada September mendatang.

Selain itu, Microsoft saat ini juga sedang mempersiapkan versi kombinasi Windows RT dan Windows Phone yang rencananaya juga bakal diperkenalkan detilnya di acara yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com