Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Hadirkan Aplikasi Hyperlapse

Kompas.com - 27/08/2014, 16:36 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Instagram mengumumkan hadirnya aplikasi bernama Hyperlapse. Aplikasi yang berdiri sendiri ini mampu membuat video time-lapse kecepatan tinggi.

Time-lapse merupakan sebuah teknik menangkap gambar video ditangkap adegan per adegan, lalu diputar kembali sehingga menghasilkan efek "bergerak cepat". Misalnya, adegan bunga mekar yang butuh waktu beberapa menit jadi hanya beberapa detik saja.

Nah, selama ini istilah Hyperlapse digunakan untuk menyebut video time-lapse yang tampak lebih dinamis dan cepat karena dilakukan sambil bergerak atau menambilkan rangkaian gambar yang berubah sangat cepat. Istilah itu yang kemudian dijadikan nama aplikasi oleh Instagram.

Menariknya, pihak Instagram dalam keterangan resminya, Rabu (27/8/2014), mengklaim adanya teknologi image stabilization di aplikasi itu. Teorinya, teknologi ini memungkinkan rekaman video yang tidak stabil dapat distabilkan dan diperhalus secara instan.

Instagram menganut desain sangat sederhana dalam aplikasi ini. Saat dijalankan, setelah beberapa layar pengenalan, aplikasi ini langsung masuk ke layar pengambilan gambar / kamera.

Hyperlapse juga tidak membutuhkan login terlebih dahulu. Selesai merekam, video yang dihasilkan bisa disimpan dalam perangkat ataupun dibagikan ke layanan Facebook atau Instagram.

Sebelum disimpan, video yang direkam bisa diatur kecepatannya, dari 1x hingga maksimal 12x.

"Hyperlapse from Instagram" saat ini baru tersedia untuk perangkat berbasis iOS dari Apple melalui tautan berikut ini: https://itunes.apple.com/app/id740146917

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com