Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Sistem "Password" Sudah Kedaluwarsa?

Kompas.com - 30/08/2014, 12:15 WIB
KOMPAS.comPassword sungguh menyebalkan. Kita memilih angka atau kata yang sederhana dan mudah diingat, tetapi juga mudah ditebak oleh peretas.

Sementara itu, kita tetap juga melupakannya dan password sering sekali dicuri.

Pencurian 1,2 miliar password e-mail oleh peretas Rusia pada awal bulan ini hanya satu dari rangkaian panjang pembobolan keamanan password sehingga banyak orang bertanya-tanya apakah sudah saatnya mencoba sistem keamanan baru.

Namun, apa saja alternatifnya?

Satu opsi rendah biaya, menurut Dr Ant Allan, pakar keaslian di Gartner Research, bisa jadi berupa biometrik, menggunakan mikrofon, serta kamera dan kamera web yang terdapat di banyak komputer dan peralatan komunikasi bergerak.

Hal yang paling sederhana untuk mengakses sistem adalah melalui pengenalan wajah atau "pengecekan keaslian dengan selfie," demikian menurut Dr Allan karena dengannya pengguna hanya perlu melihat ke layar komputer atau ponsel pintar mereka.

Dia menambahkan, mengakses dengan menggunakan pengenalan suara juga dianggap efektif.

Keamanan untuk metode-metode ini bisa diperkuat dengan informasi kontekstual, seperti data GPS dari ponsel atau waktu pada hari itu.

Jika seorang pengguna berusaha mengakses suatu sistem pada jam atau lokasi yang tidak biasa, maka informasi pengecekan keaslian tambahan bisa diterapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com