Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otak Robot Bisa Belajar dari Internet

Kompas.com - 30/08/2014, 14:20 WIB
Sejumlah peneliti di Amerika Serikat mengembangkan otak robot supercerdas yang bisa belajar secara mandiri dengan memindai jutaan halaman di internet.

Disebut sebagai "Robo Brain", robot ini didesain untuk memperoleh berbagai macam keterampilan dan pengetahuan dari informasi publik yang tersedia di dunia maya, seperti YouTube.

Informasi yang sudah dipelajari ini nantinya bisa diakses oleh robot-robot lain di seluruh dunia, membantu mereka mengerjakan pekerjaan harian.

Sebuah proyek yang mirip juga telah dikembangkan di Eropa dengan nama "Robo Earth" dan pernah ditunjukkan ke publik oleh para peneliti di Universitas Eindhoven, Belanda, Januari kemarin.

Namun, tidak seperti Robo Earth, Robo Brain bisa membangun sendiri pemahamannya dari internet, bukan diprogram oleh manusia.

Proyek ini merupakan kolaborasi antara Universitas Cornell, Brown, Stanford dan California, serta didukung oleh sejumlah perusahaan, seperti Google dan Microsoft.

Membantu pekerjaan

Robo Brain sudah mulai "belajar" dari informasi di internet bulan lalu.

Para peneliti mengatakan otak ini telah memilah-milah sekitar satu miliar gambar, 120.000 video YouTube dan 100 juta dokumen yang berisi instruksi manual.

Sejumlah kemampuan pun sudah diperoleh termasuk mengenali kursi, dan mengerti bagaimana microwave dan payung digunakan.

Salah satu peneliti, Ashutosh Saxena, dari Universitas Cornell, mengatakan idenya adalah menciptakan sebuah otak yang memungkinkan robot bisa melakukan tugas-tugas di sekitar rumah atau di tempat kerja.

Para ahli percaya robot yang bisa membantu pekerjaan rumah ini mungkin bisa tersedia dalam waktu 10 tahun mendatang.

Adapun robot mirip manusia, yang dapat membantu penyandang disabilitas atau manula, kini juga sedang dikembangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com