Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Android Tertangguh bisa Tahan Ledakan

Kompas.com - 02/09/2014, 08:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini tersedia sejumlah ponsel Android model tangguh, yang tahan terhadap air maupun debu. Nah, bagaimana dengan smartphone yang bahkan lebih tangguh lagi, sampai-sampai bisa selamat dari ledakan?

Itulah yang ditawarkan oleh Pixavi, perusahaan asal Norwegia yang bergerak di bidang riset dan pengembangan hardware dan sofware, dengan produk bernama Impact X yang diklaim merupakan ponsel pintar tertangguh di dunia.  

Sebagaimana dilansir oleh Toms' Hardware, Impact X tak lain merupakan smartphone Android yang didesain untuk dipakai di area berbahaya seperti kilang minyak atau pertambangan.

Di samping anti air dan debu dengan sertifikasi IP68, pembuatnya juga mengatakan bahwa Impact X memiliki ketahanan terhadap ledakan.

Laman penjelasan Impact X di situs Pixavi tidak menjelaskan seperti apa persisnya ledakan yang dimaksud. Yang jelas, ponsel ini mampu menahan benturan saat jatuh dari ketinggian 2 meter.

Impact X memang terkesan kuat dengan cangkang logam aluminium one-piece, layar berlapis Gorilla Glass setebal 2 mm, dan tombol-tombol dari karet yang dibuat agar gampang dipakai meskipun penggunanya mengenakan sarung tangan.

Spesifikasinya sendiri tergolong biasa saja, kalau bukan sedikit tertinggal dibandingkan smartphone Android masa kini. Layar Impact X, misalnya, hanya berukuran 4,3 inci dengan resolusi 800x480. Pembuatnya memang lebih mengutamakan hal-hal seperti kemudahan melihat layar di bawah cahaya matahari, ketangguhan, dan masa pakai dengan baterai 3.000 mAh.

Adapula sepasang kamera 8 megapixel di bagian belakang yang kemungkinan dipakai  merekam video 3D untuk keperluan tertentu, sesuai target penggunanya.

Pixavi tidak mengungkap banderol Impact X. Dilihat dari hal-hal yang ditawarkannya, boleh jadi ponsel ini dihargai beberapa ratus dollar AS lebih mahal dibanding ponsel Android lain yang mengusung spesifikasi hardware sekelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com