Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows XP Diramalkan Segera Punah

Kompas.com - 02/09/2014, 09:31 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Setelah menghentikan dukungan terhadap Windows XP pada April lalu, pangsa pasar sistem operasi Microsoft yang telah berumur 13 tahun itu perlahan mulai berkurang.

Saat ini, pangsa pasar Windows XP di dunia masih berkisar di angka 20-an persen. Namun dari tahun ke tahun pangsa pasarnya memiliki tren yang terus menurun.

Seperti yang dilaporkan oleh Net Applications, pangsa pasar desktop global Windows XP turun dari 24,82 persen di bulan Juli menjadi 23,89 persen di bulan Agustus.

Jumlah penurunan itu nyaris 1 persen dalam satu bulan. Dengan laju penurunan seperti itu, maka diramalkan dua tahun lagi Windows XP sudah menghilang dari pasaran.

Penurunan tersebut menurut Net Application disebabkan oleh konsumen di kalangan kantoran yang banyak beralih dari OS Windows XP ke Windows 7.

Selain itu, seperti dikutip dari Tech Crunch (1/9/2014), berkurangnya minat pembelian terhadap PC juga turut berkontribusi, sehingga penurunan jumlah pengguna Windows XP juga terkesan lambat.

Jika Microsoft bisa segera merilis Windows 9, kemungkinan besar para pengguna XP akan banyak yang mengadopsinya, karena dinilai bisa memberikan jaminan keamanan lebih daripada Windows XP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com