Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bicara soal Foto Jennifer Lawrence di iCloud

Kompas.com - 02/09/2014, 13:13 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com - Menyusul bobolnya akun iCloud milik beberapa selebritas Hollywood, seperti Jennifer Lawrence dan Kate Upton pada Minggu (31/8/2014), Apple sebagai pemilik layanan iCloud, menyatakan sedang melakukan investigasi.

Pada Senin (1/9/2014), Apple mengatakan sedang aktif melakukan investigasi terhadap pembobolan akun layanan iCloud mereka.

"Kami sangat serius menangani privasi pengguna kami dan sedang melakukan investigasi akan laporan ini," ujar juru bicara Apple, Natalie Kerris seperti dilansir dari Recode.

Apple belum merinci secara pasti penyebab pembobolan tersebut. Namun, para peneliti di firma keamanan FireEye mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan serangan frontal yang bisa terjadi pada siapa saja.

FireEye juga mengatakan serangan itu sebenarnya bisa dihindari jika pengguna menggunakan verifikasi dua tahap saat mengakses akun. Namun, Apple dinilai terlambat dalam mensosialisasikan metode tersebut.

"Apple sedikit terlambat dalam menawarkan proteksi seperti itu (two steps verification), dan tidak mengiklankannya," ujar Darien Kindlund, Director of Threat Reseacrch di FireEye.

"Pengguna juga harus membaca buku manualnya dahulu sebelum mengetahui bahwa fitur itu sebenarnya ada," imbuhnya.

Otentikasi dua tahap selain membutuhkan password juga membutuhkan kode tertentu yang dikirm melalui e-mail atau SMS ke nomor pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com