Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Gear S, Jam Tangan Pintar Berkoneksi 3G

Kompas.com - 04/09/2014, 06:15 WIB
Laksono Hari Wiwoho

Penulis


BERLIN, KOMPAS.com - Hanya dalam hitungan 2 bulan sejak peluncuran Samsung Gear Live, produsen elektronik asal Korea Selatan itu kembali memperkenalkan seri terbaru jam tangan pintar tersebut. Samsung Gear S, namanya, menjadi smartwatch pertama Samsung yang dilengkapi koneksi jaringan 3G maupun 2G.

Peluncuran Gear S ini berlangsung dalam acara Samsung Unpacked 2014 di Berlin, Rabu (3/9/2014) waktu setempat, berkenaan dengan akan dibukanya pameran IFA di kota yang sama pada 5 September.

Jam tangan dengan penampang layar sebesar 2 inci Super AMOLED ini menggunakan resolusi 360 x 480 pixel. Layarnya berbentuk nyaris kotak seperti Gear 2 dan permukaannya melengkung seperti Gear Fit.

Meski layarnya relatif kecil, perangkat itu menampilkan papan tik QWERTY digital. Perangkat ini berbasis sistem operasi Tizen.

Samsung menyebutkan ada prosesor dual-core 1 GHz pada arloji ini, tetapi tidak dijelaskan model maupun manufaktur prosesor tersebut. Kinerjanya disokong oleh RAM sebesar 512 MB dan memori internal 4 GB.

Tak ada kamera, tetapi ada fungsi Wi-fi dan bluetooth. Jam ini tersedia dalam dua pilihan warna, hitam dan putih. Jam ini juga tersedia dalam versi eksklusif, yakni dengan balutan butiran kristal Swarovski pada tali pengikatnya.

Secara global, produk ini bakal tersedia di pasaran mulai Oktober. Belum diketahui kisaran harga jam tangan tersebut.

Vebbyna Kaunang, Marketing Director IT & Mobile (IM), Samsung Electronics Indonesia, Rabu di Berlin, mengatakan, awal penjualan Gear S akan dilakukan secara bertahap karena Samsung juga tengah memperkenalkan phablet Galaxy Note 4 dan Note Edge.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com