Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 6 Makin Kencang dengan Prosesor Baru

Kompas.com - 10/09/2014, 08:54 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Bukan hanya bentuk fisik yang berubah pada iPhone generasi terbaru, melainkan juga “jeroan” internalnya. iPhone 6 dan iPhone 6S ditenagai prosesor anyar dari Apple, A8.

A8 yang merupakan chip 64-bit generasi kedua dari Apple memiliki 2 miliar transistor yang ditanamkan dengan teknologi fabrikasi 20nm. Ukurannya 13 persen lebih kecil dibandingkan prosesor A7 pada iPhoen 5S.

Apple pun mengklaim kinerja A8 lebih tinggi dari chip sebelumnya.

“Hingga 20 persen lebih kencang untuk CPU dan 50 persen lebih kencang soal grafis,” sebut Senior Vice President Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller, dalam acara peluncuran iPhone 6 di Cupertino, AS, Selasa (9/9/2014) waktu setempat.

Tenaga A8 tak lantas membuat iPhone 6 lebih boros baterai. Apple mengklaim bahwa daya tahan ponsel terbarunya itu sama dengan atau lebih baik dari iPhone generasi terdahulu.

iPhone 6, misalnya, disebutkan memiliki “3G Talktime” selama 24 jam.

Bersama dengan A8, Apple turut memperkenalkan chip motion co-processor generasi kedua, M8. Chip ini dirancang untuk mengolah data dari aneka sensor milik iPhone 6, misalnya untuk keperluan aplikasi fitness.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com