Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor: Apple Akan Beli Path

Kompas.com - 10/09/2014, 11:16 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Di tengah hiruk pikuk antusias menyambut perangkat Apple terbaru, ternyata Apple masih memiliki kejutan lain, yaitu mengakuisisi jejaring sosial Path.

Menurut sumber dalam Apple yang tergabung dalam tim teknis Apple, seperti ditulis oleh situs Pando, Selasa (9/9/2014), akuisisi Apple terhadap Path sudah sampai di tahap final.

"Sudah hampir selesai, mungkin malah sudah ditandatangani, pokoknya sudah deal," ujar sumber dalam Apple yang tidak mau disebut namanya itu. Belum jelas berapa nilai transaksi atas akuisisi Apple terhadap Path ini.

Untuk diketahui, Bakrie Global Group (Bakrie Telecom) pada Februari 2014 lalu juga membeli saham Path. Nilainya kurang dari satu persen. Bakrie merupakan salah satu dari sejumlah investor yang berpartisipasi dalam investasi Seri C untuk Path yang totalnya mencapai 25 juta dollar AS (atau Rp 304 miliar) pada Januari 2014. 

Baru-baru ini Path memisahkan layanan jejaring sosialnya dengan layanan messaging. Pengguna harus menginstal aplikasi messaging secara terpisah. Menurut Pando, bisa jadi layanan messaging yang satu ini diincar Apple.

Upaya Apple untuk mengakuisisi Path tersebut disinyalir sebagai usaha perusahaan untuk mengejar ketertinggalannya di ranah sosial. Jika dibandingkan dengan Facebook dan Google, Apple memang tergolong tertinggal di ranah sosial.

Besar kemungkinannya Apple mengincar nilai bisnis yang potensial dari jejaring sosial itu.

Perlu diingat bahwa hal ini baru rumor yang belum mendapatkan konfirmasi resmi, baik dari pihak Apple maupun Path.

Agar lebih jelasnya, mari kita sama-sama menunggu pengumuman resmi dari Apple tentang kabar akuisisi Path jika rumor ini terbukti benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com