Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop “Gaming” Lenovo Dibanderol Rp 15 Juta

Kompas.com - 10/09/2014, 11:40 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Laptop gaming Lenovo Y50-70

KOMPAS.com - Di antara produk-produk baru dari Lenovo yang diperkenalkan dalam acara Digital Playground di Jakarta, Selasa (9/9/2014) kemarin, terdapat sebuah laptop gaming tipe Y50-70.

Produk ini adalah salah satu laptop khusus game terbaru besutan Lenovo yang diperkuat spesifikasi kelas atas, termasuk prosesor Intel Core i7 dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX860M 4GB DDR5.

Lenovo Y50-70 rencananya akan mulai dipasarkan pada pertengahan bulan September 2014 dengan banderol harga Rp 15 juta.

Meski tergolong mahal untuk ukuran kantong kebanyakan konsumen di Indonesia, Senior Product Specialist Lenovo Indonesia Hero Chandra mengatakan bahwa Y50-70 sebenarnya lebih murah dibandingkan produk lain yang sejenis.

“Kalau laptop gaming lain dengan spesifikasi ini kisarannya bisa mencapai 2.000-3.000 (dollar AS), maka dengan Y50-70 cukup setengahnya saja,” kata Hero ketika memberikan presentasi di dalam acara.

Masih kecil

Selain Y50-70 yang memiliki bentang layar 15,6 inci, Lenovo sebenarnya memilki beberapa tipe laptop gaming lain dengan layar berukuran 14 inci dan 17 inci, tetapi pihak Lenovo Indonesia baru memasarkan model dengan layar 15,6 inci.

Hero mengaku belum mengetahui apakah laptop gaming 14 dan 17 inci Lenovo akan turut memasuki pasaran Indonesia atau tidak. “Kami ingin melihat lebih dulu bagaimana respons pasar terhadap versi 15,6 inci. Saya yakin ada pasarnya, tapi pertanyaannya adalah seberapa besar.”

Laptop gaming, menurut Hero, belum memberi sumbangan signifikan bagi penjualan laptop di Indonesia. “Kontribusinya masih kecil, di bawah 1 persen,” ujarnya, sambil menambahkan bahwa pada 2013 volume penjualan laptop di Indonesia tercatat sebesar 3,7 juta unit. Tahun ini angka tersebut diperkirakan akan melandai.

“Satu persen dari 3,7 juta saja hanya 37.000 unit per tahun. Angka itu masih dibagi-bagi lagi antar-pemain di segmen ini,” lanjut dia.

Kendati demikian, Hero mengaku optimistis produknya bisa diterima kalangan konsumen di segmen laptop gaming yang ceruk pasarnya tak seberapa besar itu. “Harga (Y50-70) Sesuai dengan kantong gamer, performanya pun luar biasa.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com