Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Ini Sediakan Trotoar Khusus Pengguna "Smartphone"

Kompas.com - 16/09/2014, 08:12 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mashable

 

KOMPAS.com — Berjalan kaki sambil mengoperasikan smartphone kian banyak dilakukan. Sering kali, kegiatan itu berujung celaka, seperti kaki yang terjeblos di lubang atau saling tabrak satu sama lain.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, sebuah kota di Tiongkok membuat jalur khusus untuk pengguna smartphone.

Kota Chongqing menyediakan jalur khusus bagi pengguna smartphone di trotoar. Dengan demikian, mereka bisa berjalan sembari melihat ke layar telepon, terpisah dari pejalan kaki biasa.

Dikutip dari Mashable, Minggu (14/9/2014), jalur dengan lebar lebih kurang 3 meter itu diberi tanda dengan tulisan berbahasa Tiongkok dan Inggris yang berbunyi, "Pengguna smartphone berjalan di jalur ini, risiko ditanggung sendiri."

Sementara jalur lainnya diberi tanda "No Cell Phones", yang ditujukan bagi pejalan kaki pada umumnya.

Trotoar itu juga dilengkapi dengan rambu-rambu bagi pejalan kaki. Rambu berwarna biru itu bertuliskan "First mobile phone sidewalks in China", yang menandakan jalur tersebut merupakan yang pertama di Tiongkok.

Menurut harian Telegraph, pejabat setempat membuat jalur tersebut dengan sengaja untuk memperingatkan pejalan kaki untuk tidak menggunakan smartphone sambil berjalan. "Sebaiknya tidak mengoperasikan smartphone saat berjalan kaki," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com