Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 8 Bikin iPhone Lama Jadi "Lemot"

Kompas.com - 18/09/2014, 14:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

iOS 8, sistem operasi mobile Apple terbaru disertakan di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. OS ini juga tersedia untuk perangkat lain yang didukungnya, dan bisa diunduh mulai 17 September 2014.

KOMPAS.com - Para pengguna iPhone 4S masih mendapat update iOS 8 dari Apple sebagai "hadiah perpisahan" karena ponsel lawas ini kemungkinan besar sudah tak ditemukan dalam daftar dukungan sistem operasi berikutnya.

Namun, pembaruan itu datang dengan beberapa catatan, seperti performa yang menurun dibandingkan ketika iPhone 4S menjalankan iOS 7.

Sebuah pengujian yang dilakukan oleh ArsTechnica menunjukkan bahwa sejumlah aplikasi berjalan lebih pelan pada iPhone 4S ketika ponsel ini diperbarui dengan iOS 8.

Membuka browser Safari, misalnya, butuh waktu hingga 70 persen lebih lama pada iOS 8 (dibandingkan iOS 7). Begitu juga dengan aplikasi Camera, Messages, Settings, Mail, dan calendar yang mencatat loading time lebih pelan. Waktu booting ponsel pun melambat selama 3 detik.

Aplikasi Waktu loading di iOS 7 (detik) Waktu loading di iOS 8 (detik)
Safari 1,25 2,16
Camera 1,5 1,8
Settings 0,95 1,25
Mail 0,91 1,30
Messages 1,73 1,83
Calendar 0,8 1,25
Cold Booting 36,4 39,8

Sumber: ArsTechnica.com


Selain itu, ArsTechnica turut menemukan bahwa animasi-animasi antarmuka pada iPhone 4S yang menjalankan iOS 8 terlihat tidak konsisten dan sedikit terpatah-patah, tidak mulus seperti ketika ponsel yang sama menjalankan iOS 7.

Masalah performa ini juga ditemukan pada perangkat-perangkat Apple lain yang menggunakan konfigurasi hardware serupa iPhone 4S (prosesor Apple A5, RAM 512 MB), yakni iPad 2 dan iPad Mini generasi pertama.

Fitur dan Layar "Hilang"

Terlepas dari persoalan kinerja, tak semua fitur iOS 8 bisa ditemukan di iPhone lawas. Fungsi-fungsi baru yang absen pada iPhone 4S antara lain fitur integrasi antar-perangkat Handoff, file sharing Airdrop, TouchID, dan API OpenGL ES 3.0 dan Metal.

Aneka fitur tersebut membutuhkan hardware baru yang memang tak tersedia pada iPhone lawas, seperti TouchID yang memerlukan pemindai sidik jari, serta Airdrop yang mensyaratkan adanya dukungan Bluetooth 4.0.

Kelemahan lain dari iOS 8 di iPhone 4S yang tak terlalu signifikan tapi bisa cukup mengganggu adalah tampilan antarmuka yang terlihat "sesak".

ArsTechnica.com
Tampilan beberapa fitur iOS 8 di iPhone 4S yang terbatas area layar

iPhone 4S adalah ponsel terakhir dari Apple yang masih setia dengan ukuran layar 3,5 inci seperti pada iPhone generasi pertama. Alhasil, tampilan iOS 8 yang dioptimalkan untuk layar yang berukuran lebih lebar menjadi kurang ideal pada iPhone 4S.

Hasil pencarian Spotlight, misalnya, tak bisa banyak ditampilkan dalam satu layar sebelum pengguna harus melakukan scrolling. Begitu juga dengan tulisan pada aplikasi Mail, widget di Notification Center, dan daftar Contact favorit di menu multitasking yang tampak terbatasi oleh ukuran fisik iPhone 4S.

Meski begitu, pemilik iPhone 4S masih bisa memperoleh fitur baru lewat update iOS 8, seperti dukungan widget dan aplikasi keyboard pihak ketiga. Apakah fitur-fitur anyar itu sepadan dengan pengorbanan kinerja yang ditimbulkan? Semua kembali pada masing-masing pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com