Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Money Datangi Android dan iOS

Kompas.com - 19/09/2014, 08:09 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Dari kiri ke kanan: Wakil Presiden Senior Emerging Solutions BlackBerry Matthew Talbot, Presiden Global Enterprise Solutions BlackBerry John Sims, Direktur Retail Banking Bank Permata Bianto Surodjo, dan Wakil Presiden Eksekutif Monitise Darren Sugden

KOMPAS.com - Layanan mobile payment BBM Money pertama kali hadir untuk para pengguna ponsel BlackBerry di Indonesia pada Februari 2013. Kini BlackBerry bersiap memperluas dukungan BBM Money untuk pengguna aplikasi BBM di perangkat Android dan iOS.

Dalam sebuah acara di Jakarta hari Kamis (18/9/204), Wakil Presiden Senior Emerging Solutions BlackBerry Matthew Talbot menjelaskan bahwa BBM Money dijadwalkan tersedia untuk kedua platform tersebut pada awal 2015 mendatang.

Bagaimana dengan Windows Phone? “Nanti, kemungkinan tahun depan juga. Kami juga akan mendukung platform lainnya begitu sudah tersedia,” kata Talbot, sambil menambahkan bahwa aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) yang diperlukan sebagai pondasi BBM Money baru saja diluncurkan di platform Windows Phone Juli lalu.

BBM Money sendiri merupakan layanan mobile payment hasil kerjasama BlackBerry dengan Bank Permata. Platform pembayarannya ditangani oleh perusahaan asal Inggris, Monitise.

Dengan aplikasi yang dapat diunduh dari BlackBerry App World ini, pengguna BBM bisa melakukan aneka macam transaksi mobile payment, termasuk membayar tagihan listrik, membeli pulsa, dan mengirim uang ke teman di kontak BBM yang juga telah memiliki akun BBM Money.

Direktur Retail Banking Bank Permata Bianto Surodjo yakin BBM Money akan diterima dengan positif oleh para pengguna gadget Android dan iOS karena peranannya dalam mempermudah transaksi uang antar pengguna BBM.

“Saya rasa BBM Money memiliki posisi unik karena kita telah terbiasa memakai aplikasi BBM… Kami harapkan ini (BBM Money) bisa menjadi pengganti dompet dan cash untuk masyarakat Indonesia,” ujar Surodjo.

Di samping melebarkan sayap ke platform lain, BBM Money juga akan dikembangkan agar memungkinkan transfer pulsa (airtime) lewat kerjasama dengan penyedia pengiriman pulsa internasional, TransferTo.

Fitur transfer pulsa dijadwalkan sudah akan hadir di BBM Money menjelang akhir 2014. Nantinya, pengguna BBM bisa langsung mengakses fitur ini dari dalam aplikasi BBM sehingga dapat berkirim pulsa selagi chatting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com