Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Apple Protes iOS Terbaru

Kompas.com - 19/09/2014, 10:53 WIB
Para pengguna iPhone dan iPad menggunakan media sosial untuk mengungkapkan kejengkelan terkait pemutakhiran sistem operasi Apple (iOS) terbaru.

Banyak yang harus menghapus foto, video dan berbagai file lain agar tersedia cukup ruang bagi versi terbaru sistem operasi mobile Apple, iOS8, yang membutuhkan ruang penyimpanan hingga 5,8 GB.

Apple juga mencabut aplikasi (app) untuk peranti kesehatan yang baru, karena adanya bug.

Seorang ahli mengatakan, pemutakhiran atau update iOS 8 sering terputus-putus.

Sejumlah pengguna Apple lari ke Twitter untuk mengungkapkan kedongkolan, hingga sempat jadi trending.

David Roberts mencuit, "Pemutakhiran ini akan luar biasa ... jika untuk menginstalnya kita tak mesti menghapus setengah isi telepon kita."

Daniel Zennon memprotes dengan pendekatan lebih jenaka di Twitternya, "Jadi Apple memasang album #U2 di ponsel semua orang lalu mengatakan mereka tak punya ruang cukup untuk #iOS8 upgrade".

Bukan pertama kali

David Price, redaktur online Macworld UK menyebut, memang pada hari pertama, server selalu penuh, mengakibatkan sejumlah gangguan.

"Karenanya kami menyarankan agar pengguna menunggu barang sehari dua hari untuk melakukan pemutakhiran peranti," katanya.

Ini bukan pertama kalinya pengguna Apple mengeluhkan pemutakhiran iOS.

Pada tahun 2012, pemutakhiran iOS6 mengakibatkan sejumlah pengguna kehilangan sejumlah aplikasi mereka. Adapun dalam pemutakhiran ke iOS7 tahun lalu, banyak yang kehilangan foto mereka.

Selain membutuhkan ruang penyimpanan besar, iOS8 juga tidak disertai app yang cocok untuk layanan HealthKit dari Apple, yang dirancang untuk beroperasi dengan perangkat kesehatan cangking.

Sebagian besar ruang yang dibutuhkan saat pemutakhiran, bisa digunakan lagi kalau prosesnya sudah selesai.

Tetapi urusan ruang penyimpanan ini tak akan menjadi masalah, jika pemutakhiran sistem operasi ini dilakukan lewat iTunes dari Mac atau PC, dan bukan dari ponsel atau tablet secara langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com