Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Berikutnya Ikut "Ketat" seperti iOS 8

Kompas.com - 19/09/2014, 15:15 WIB
KOMPAS.com - Google menyatakan akan melakukan enkripsi data yang terdapat dalam perangkat Android meski tidak dipasang "password" oleh penggunanya.

Pengumuman Google pada Kamis (18/9/2014) itu muncul setelah Apple memperkenalkan rencana serupa untuk iPhone dan iPad terbarunya dan di tengah meningkatnya perhatian tentang privasi data pengguna.

Juru bicara Google menyatakan enkripsi data akan bersifat opsional dan ditawarkan bagi pengguna sistem Android, namun selanjutnya akan aktif secara otomatis pada versi Android berikutnya.

"Sebagai bagian dari rilis Android versi berikutnya, enkripsi akan diaktifkan oleh default, jadi pengguna tidak perlu berpikir untuk mengaktifkannya," kata juru bicara itu seperti dikutip kantor berita Reuters.

Google tidak mengatakan kapan perbaruan Android berikutnya akan diluncurkan.

Apple pada Rabu mengumumkan bahwa enkripsi barunya akan digunakan pada sistem operasi iOS 8 yang tersedia pada iPhone 6, yang mulai dijual Jumat. Enkripsi itu juga bisa dipasang untuk iPhone dan iPad yang sudah ada.

Menurut kebijakan baru yang tertulis di laman Apple, "Data personal seperti foto, pesan (termasuk lampiran), e-mail, kontak, riwayat panggilan, konten iTunes, memo, dan pengingat, semua berada di bawah perlindungan kode masuk."

"Tidak seperti para pesaing kami, Apple tidak dapat mengetahui kode masuk Anda dan dengan demikian tidak dapat mengakses data-data ini. Jadi secara teknis tidak memungkinkan bagi kami untuk bisa merespons perintah pemerintah guna mengekstrasksi data-data ini dari perangkat yang menggunakan iOS 8."

Perbaruan itu muncul setelah pemberitahuan tentang program pengawasan besar-besar oleh pemerintah yang menjangkau data dari komputer dan perangkat lain.

Pembocoran dokumen oleh mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (National Security Agent) Edward Snowden diduga menjadi penyebab munculnya perhatian tentang peran perusahaan teknologi besar dalam program tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANT
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com