Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Domain Ditawar Rp 55 Miliar, Google Menyerah

Kompas.com - 22/09/2014, 16:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Google menyerah kalah dalam perebutan tiga nama Generic Top Level Domain (TLD). Google dikalahkan situs belanja online Amazon dalam perebutan nama domain .buy (dot buy).

Seperti dikutip dari DomainNameWire, Senin (22/9/2014), untuk mengalahkan Google, Amazon rela membayar 4,588 juta dolar AS atau Rp 55 miliar untuk nama domain .buy.

ICANN sebagai organisasi yang bertanggung jawab mengatur alokasi nama domain internet memang tengah menggelar lelang empat domain baru yang paling diminati saat ini.

Empat domain tersebut adalah ".buy", ".tech", ".vip", dan domain berbahasa Mandarin yang memiliki arti "informasi".

Selain .buy, Google juga ikut berusaha mendapatkan nama domain .vip dan .tech. Lagi-lagi Google kalah bersaing.

Google dikalahkan perusahaan asal Irlandia yang menawar domain .vip dengan harga di atas 3 juta dollar dan Dot Tech LLC yang berani membayar .tech dengan harga 6,76 juta dollar AS (sekitar Rp 81 miliar).

Generic TLD adalah salah satu domain yang menduduki posisi teratas di hierarki sistem nama domain internet. Generic TLD bisa dilihat di kata terakhir di alamat sebuah situs, misalnya kata ".com" pada www.kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com