Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seek Thermal, Kamera Pendeteksi Panas untuk iOS dan Android

Kompas.com - 26/09/2014, 13:46 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Perusahaan rintisan (startup) Seek Thermal yang bermarkas di Santa Barbara, California, merilis kamera plug-in pendeteksi panas untuk smartphone iOS dan Android.

Menurut pihak Seek Thermal, saat ini banyak industri dan bidang pekerjaan yang membutuhkan kamera pendeteksi panas ini, seperti maskapai penerbangan untuk mendeteksi bagian yang lemah dalam struktur pesawat, industri keamanan, kesehatan, maritim, dan banyak lagi.

Kamera ini menjadi kamera pendeteksi panas pertama yang dijual secara massal. Sebelumnya, kamera yang memiliki teknologi yang bisa mengukur perbedaan temperatur dalam spektrum elektromegnetik itu tidak banyak tersedia dan harganya masih mahal, mencapai 1.000 dollar AS.

Kamera Seek Thermal sendiri dijual dengan harga harga 199 dollar AS saja.

Dilansir dari Cnet, Kamis (25/9/2014), CEO Seek Thermal, Robert Acker membeberkan rahasia mengapa kamera ini bisa dijual murah. menurutnya, rahasia itu ada di dalam chip yang didesain dengan perusahaan Raytheon dan Freescale Semiconductor.

Selain itu, masih ada sensor berbanderol murah yang menjadi lensa kamera. Lensa ini bisa membaca perbedaan temperatur dalam jarak 300 meter dan mendeteksi manusia dari ketinggian 60 meter.

Bobot kamera ini juga tergolong ringan, sekitar 42 gram dan bisa menghasilkan citra panas dengan resolusi 206 x 156 pixel, atau 32.000 thermal pixel.

Seek Thermal tak hanya merilis add-on kamera penjejak panas saja, namun juga tool yang disediakan bagi pengembang aplikasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com