Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan Segar 2 SUV BMW

Kompas.com - 29/09/2014, 14:59 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Dalam seminggu, BMW Group Indonesia mengenalkan tiga varian keluarga X di segmen SUV. Setelah X4 yang dibanderol Rp 1,1 miliar, menyusul versi bawah untuk menarik minat kalangan premium menengah, yakni X3 terbaru dan X1 xLine Edition. Keduanya meluncur di tengah ingar-bingar IIMS 2014, (27/9/2014).

X3 terbaru hadir dengan bahasa desain yang khas untuk di segmen SUV ukuran sedang. Sama seperti generasi sebelumnya, mobil ini diklaim memadukan eksklusivitas dan daya tarik dinamis, serta didukung kemampuan serba bisa yang mengesankan.

Sementara X1 telah dikenal sebagai pelopor dan pemimpin pasar global dalam segmen Sports Activity Vehicle dan SUV premium. Model ini menghadirkan kenikmatan berkendara, desain maskulin dan karakter premium.

”Seri X memainkan peranan penting bagi BMW. Hampir sepertiga penjualan global disumbang BMW X. Berdasarkan data Agustus 2014, 26 persen dari semua mobil BMW yang terjual di Indonesia berasal dari keluarga X,” ujar Karen Lim, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

Mesin
X3 terbaru tersedia dalam dua pilihan mesin, diesel dan bensin. Generasi baru diesel 2.0L terbuat dari aluminium menggunakan common rail direct injection dengan solenoid valve injectors. Pembaruan tersebut diklaim merupakan rahasia peningkatkan performa xDrive 20d EfficientDynamics. Tenaganya mencapai 190 tk dan torsi maksimum menjadi 400 Nm.

Sementara versi mesin bensin menggunakan teknologi BMW TwinPower Turbo: twin-scroll turbocharger, high-precision direct injection dengan Double-Vanos variable camshaft control dan VALVETRONIC. Kapasitas 1997cc dengan daya maksimum 184 tk dan torsi maksimum mencapai 270 Nm.

Untuk tipe X1 xLine Edition menggendong mesin tipe yang sama dengan X3 bensin, namun sedikit beda kapasitas dan tenaga. Kubikasi 1.995 cc yang sanggup mengeluarkan tenaga hingga 150 tk dan torsi maksimum 200 Nm.

BMW X3 xDrive20d (diesel) dibanderol Rp 858 juta, X3 xDrive20i xLine (bensin) dijual Rp 888 juta, dan  X1 xLine Edition seharga Rp 599 juta. Semua harga berstatus off the road.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com