Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Twitter soal Hilangnya "ShameOnYouSBY"

Kompas.com - 30/09/2014, 11:22 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Grafik Reverb Chart Twitte yang memeprlihatkan jumlah serta kecepatan tweet dari tagar #ShameOnYouSBY pada 26-28 September 2014

KOMPAS.com — Menghilangnya tagar #ShameOnYouSBY dari daftar trending topics mendapat tanggapan dari Twitter.

Dalam sebuah pernyataan yang diterima Kompas.com, Senin (29/9/2014), layanan micro-blogging ini menjelaskan bahwa hashtag tersebut menghilang bukan karena ada permintaan dari pihak tertentu untuk menyensornya, melainkan murni karena penurunan arus tweet.

Twitter turut menyertakan sebuah grafik Reverb Chart yang memperlihatkan kiprah tagar #ShameOnYouSBY mulai dari 26 September hingga 28 September 2014.

"Di grafik tampak bahwa pemakaian tagar itu mengalami penurunan pada Sabtu malam, 27 September 2014, sebagaimana digambarkan garis yang menurun. Inilah penyebab mengapa hashtag bersangkutan tergeser dari trends," papar Twitter dalam pernyataannya.

Masih menurut penjelasan Twitter, trending topics ditentukan dari "kecepatan" atau banyaknya tweet tentang sebuah topik yang terlontar dalam satu waktu, bukan popularitas umum.

Dengan metode ini, trending trends berusaha mengidentifikasi dan menunjukkan pada pengguna topik apa yang tengah hangat diperbincangkan di masyarakat. Trending trends bisa berubah sewaktu-waktu secara real time, tergantung dari kecepatan tren yang bersangkutan.

Bukan sensor

Mengenai dugaan bahwa Pemerintah Indonesia ikut andil menurunkan #ShameOnYouSBY, pihak Twitter mengatakan bahwa Twitter tidak pernah menerima permintaan sensor alias penghapusan konten apa pun dari Pemerintah Indonesia, termasuk dalam laporan transparansi terbaru yang memaparkan permintaan content removal secara global dalam periode 1 Januari-30 Juni 2014.

"Dari laporan ini, jelas bahwa Pemerintah Indonesia tidak punya sejarah terlibat dalam kegiatan Twitter," tulis Twitter lagi.

#ShameOnYouSBY sendiri mulai mengemuka menjelang akhir minggu lalu sebagai reaksi warga Twitter atas hasil sidang pembahasan RUU Pilkada di DPR yang memutuskan pemilihan kepala daerah melalui DPRD.

Di samping kecaman terhadap Koalisi Merah putih yang mendukung opsi tersebut, kritik pun terlontar terhadap Susilo Bambang Yudhoyono, pimpinan Partai Demokrat, yang melakukan walk out dari sidang pembahasan RUU Pilkada pada saat-saat akhir.

Tagar #ShameOnYouSBY pun bermunculan mendampingi komentar kecaman dan akhirnya menjadi trending topics untuk wilayah Indonesia pada Jumat (26/9/2014). Hashtag itu juga sempat bertengger di tangga tagar terpopuler di dunia (World Wide).

Pengguna Twitter Tanah Air berencana mempertahankan tren tersebut selama satu minggu. Namun, mereka harus kecewa karena tagar #ShameOnYouSBY tiba-tiba menghilang dari trending topics Indonesia dan global.

Berdasarkan data Twitter, selama periode 26-28 September 2014, #ShameOnYouSBY disebutkan dalam 620.705 tweet. Puncak arus tweet terjadi pada Minggu (28/9/2014) siang sekitar pukul 12.30 dengan capaian 306 tweet per menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com