Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Bugil Artis Tersebar, Google Diancam Gugatan

Kompas.com - 04/10/2014, 14:13 WIB
Google menghapus "puluhan ribu" foto bugil yang dicuri dari para selebritas dan ditayangkan di internet, menyusul ancaman tuntutan terhadapnya.

Raksasa industri web itu menyebutkan dalam pernyataannya, mereka menghapus foto-foto curian itu "dalam tempo beberapa jam," berdasarkan sejumlah permintaan, dan bahwa mereka juga telah "menutup ratusan akun."

Sebelumnya, pengacara dunia hiburan Marty Singer disebutkan telah mengancam untuk menggugat Google dengan dasar melanggar privasi."

Dalam surat yang dimuat The New York Post, Marty Singer mengatakan, Google tidak "melakukan tindakan cepat dan bertanggung jawab untuk menghapus gambar-gambar itu," dan membantu "perilaku tercela para predator sakit jiwa" itu.

Para perempuan terkenal yang akan menjadi pihak penggugat masih belum jelas, namun para korban yang foto bugilnya dicuri peretas antara lain supermodel Cara Delevingne, aktris Jennifer Lawrence, penyanyi Rihanna, serta pesohor Kim Kardashian.

Dalam suratnya, pengacara Marty Singer mengatakan, "belasan" pesohor perempuan yang diwakilinya akan menuntut ganti rugi atas "perilaku tak etis yang terang-terangan" dan "secara sadar menampung dan memfasilitasi, serta melestarikan tindakan melawan hukum" dari para peretas.

Menanggapi hal itu, Google berkilah.

"Tentu orang akan terus menayangkan gambar-gambar seperti itu di internet. Jadi, seperti perusahaan online lain, kami mengandalkan laporan orang untuk membantu kami menghapus foto-foto itu, apakah dengan menandai isi internet, maupun dengan mengajukan permintaan agar foto-foto itu dihapus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com