Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Ponsel Bisa Kirim Infaq untuk Masjid

Kompas.com - 05/10/2014, 09:09 WIB
KOMPAS.com - Aplikasi mobile untuk membantu umat muslim beribadah sudah banyak ditemui di toko aplikasi Android dan Windows Phone. Namun, sebuah aplikasi bernama "Masjid Emerald" mempunyai keunikan tersendiri.

Selain fitur standar pengingat jadwal shalat dan penunjuk arah kiblat, aplikasi besutan developer lokal ini mempunyai fitur Infaq Online. Jadi pengguna aplikasi bisa memberikan donasi atau infaq langsung dari smartphone Android atau Windows Phone.

“Diharapkan dengan aplikasi Masjid Emerald, semua umat muslim di seluruh Indonesia dan Bintaro pada khususnya dapat melakukan infaq kapan saja dan dari mana saja," kata ketua sie dana Yayasan Pembangunan Masjid Emerald Bintaro Jaya, Ari Purnomo, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Aplikasi inisiatif CSR dari Algo Studio dan Raion Studio ini memang dibuat dalam rangka mengumpulkan dana untuk pembangunan masjid Emerald di bilangan Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

CEO Algo Studio, Adib Toriq, mengatakan, "Kami bahagia bisa turut berpartisipasi dalam proses pembangunan dengan menyumbangkan aplikasi crowdfunding pertama di Indonesia untuk pembangunan masjid ini."

Yang menarik, masjid Emerald dirancang oleh Ridwan Kamil. Kang Emil, panggilan akrabnya, membuat rancangan ini sebelum menjabat sebagai Walikota Bandung. Rancangan Masjid Emerald dibuat dengan tema dasar shaf-shaf yang rapi dari jama’ah yang sedang shalat dengan menekankan optimalisasi cahaya dari matahari.

Berikut adalah beberapa fitur utama dari aplikasi ini:
- Jadwal shalat sesuai lokasi dan dilengkapi pengingat shalat (adzan) serta petunjuk arah shalat.
- Kutipan islami terlengkap dari Al Quran dan Hadist yang dapat dijadikan lock screen.
- Petunjuk ibadah shalat, puasa, zakat, dan panduan lengkap doa.
- Infaq untuk pembangunan masjid yang dilengkapi dengan pengingat infaq.
 
Aplikasi Masjid Emerald untuk platform Windows Phone bisa diunduh melalui tautan ini dan Android melalui tautan ini atau dari situs http://masjidemerald.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com