Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Smartwatch" Android Wear Bisa Jalankan Windows 95

Kompas.com - 08/10/2014, 09:46 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Jam tangan pintar Gear Live menjalankan Windows 95

KOMPAS.com - Masih ingat dengan Windows 95? Sistem operasi lawas tersebut ternyata bisa berjalan di gadget pintar masa kini. Itulah yang dibuktikan oleh pengguna YouTube bernama Corbin Davenport.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Android Police, Rabu (8/10/2014), Davenport berhasil memasang Windows 95 di sebuah smartwatch Samsung Gear Live yang aslinya menjakankan OS Android Wear.

Video yang direkam oleh Davenport bahkan menunjukkan bahwa sistem operasi desktop lawas itu bisa menerima input melalui layar sentuh selebar 1,6 inci milik Gear Live.

Bagaimana cara Davenport "menanam" sistem operasi desktop lawas di jam tangan pintar?

Rupanya ia menggunakan emulator DOS bernama ADosBox yang memungkinkan perangkat berbasis ARM menjalankan software yang ditulis untuk arsitektur x86.

Namanya hasil emulasi, kerja Windows 95 di Gear Live pun tak sempurna. Sistem operasi yang berjalan di luar habitatnya itu membutuhkan waktu "booting" selama beberapa menit.

Ketika Davenport mencoba menjalankan aplikasi, Windows 95 ini pun menampilkan pesan kehabisan memori virtual sehingga boleh dibilang tak memiliki kegunaan praktis.

Meski demikian, percobaan Davenport tetap membuktikan bahwa sistem operasi lawas masih bisa dijalankan di gadget masa kini yang memang mengusung spesifikasi teknis jauh lebih mumpuni dibandingkan komputer desktop 20 tahun yang lalu.

Pada era awal Windows 95, komputer desktop umumnya mengusung prosesor pada kisaran 100 MHz dan jumlah RAM 16/ 32 MB, jauh di bawah Gear Live yang memiliki chip 400 MHz dan RAM 512 MB.

Davenport sendiri dikenal memiliki kegemaran menjalankan program-program dari platform lain di jam tangan pintar miliknya. Sebelum ini, ia pernah menjalankan game Doom dan Minecraft, juga di Samsung Gear Live.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com