Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Hiace yang Sarat Fitur Keamanan

Kompas.com - 09/10/2014, 11:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Toyota Hiace lahir sebagai van murni, bukan sasis truk yang ditambahi bodi untuk dijadikan kendaraan penumpang. Itulah sebabnya, pertimbangan fitur keamanan menjadi penting, karena kendaraan ini sejak awal ditugaskan mengangkut orang, bukan barang.

Dalam pengalaman sehari bersama Toyota Hiace, Rabu (8/10/2014), di Bogor, KompasOtomotif membedah berbagai fitur keamanan yang membuat penumpang dan pengemudi merasa nyaman berada di dalamnya.

Iwan Abdurahman, Head of Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan bahwa fitur keamanan Hiace sudah mendukung kegiatan pengangkutan orang. ”Fitur keamanan tidak hanya meningkatkan nilai, tetapi juga menjadi pendukung berkendara, apalagi mobil ini banyak digunakan sebagai kendaraan travel dan pariwisata,” ujarnya.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kamera mundur dan SRS airbag untuk penumpang depan dan pengemudi cukup melengkapi sistem keamanan Toyota Hiace.

Ada dua tipe Hiace yang dipasarkan TAM, Standar dan Commuter. Keduanya sudah dibekali kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan. Sabuk pengaman juga sudah dilengkapi dengan pretensioner dan seat limiter.

”Sabuk pengaman akan menahan pengemudi agar tidak terlalu ke depan saat terjadi benturan, namun tetap menjaga agar tubuh tidak terlalu tertarik. Ada semacam kantung udara di bagian pangkal seatbelt yang mengatur hal tersebut,” jelas Iwan.

Khusus untuk tipe Commuter, sudah dibekali dengan sistem rem ABS dan BA untuk mencegah ban mengunci jika direm secara mendadak. Untuk menopang bobot kendaraan dan jumlah penumpang yang mencapai 16 orang, kestabilan rem dirasa menjadi faktor penting.

Kamera belakang yang membantu untuk melihat objek di belakang mobil ketika mundur juga menjadi keuntungan tersendiri untuk pengemudi, karena dimensi mobil ini cukup panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com