Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Larang Wanita Minta Naik Gaji, CEO Microsoft Minta Maaf

Kompas.com - 10/10/2014, 17:17 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com - CEO Microsoft, Satya Nadella menyampaikan permohonan maaf terkait pernyataannya tentang perempuan dan kenaikan gaji di perusahaan teknologi. Nadella mengakui bahwa jawaban yang ia berikan itu salah.

Nadella sempat mengeluarkan pernyataan di sebuah sesi tanya jawab forum diskusi wanita dan industri komputer. Ia mengatakan, karyawan wanita seharusnya tidak usah meminta kenaikan gaji, mereka seharusnya percaya kepada sistem dan yakin suatu saat nanti gaji mereka pasti akan naik.

Dalam diskusi yang dipandu oleh salah satu anggota dewan direksi Microsoft, Maria Klawe itu Nadella mengatakan bahwa dengan tidak meminta kenaikan gaji, karyawan wanita itu melakukan "Karma yang baik" sehingga pada waktunya nanti bos mereka akan memberikan imbalan saat waktunya tepat.

Namun setelah diskusi berakhir, Nadella buru-buru mengklarifikasi dan meminta maaf soal tanggapannya tersebut. Ia pun mengirim memo kepada seluruh karyawan Microsoft melalui e-mail.

"Di akhir wawancara, Maria menanyakan apa saran saya kepada wanita-wanita yang malu atau enggan meminta kenaikan gaji, saya salah dalam menjawab pertanyaan itu," ujar Nadella seperti dikutip KompasTekno dari Recode (9/10/2014).

"Tanpa diragukan lagi, saya sepenuhnya mendukung program Microsoft yang memajukan peran wanita dalam industri teknologi serta menutup kesenjangan soal gaji antara karyawan wanita dan pria," imbuhnya.

Nadella juga menyatakan bahwa seharusnya baik pria maupun wanita yang bekerja di industri teknologi mendapatkan perlakuan yang sama soal penggajian.

"Pria dan wanita seharusnya mendapatkan imbalan yang setimpal. Soal saran tentang meminta kenaikan gaji jika berhak, saran Maria sudah benar, yaitu jika kita berpikir berhak mendapat kenaikan, maka mintalah," demikian papar Nadella.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com