Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zuckerberg Akui Indonesia Penting untuk Facebook

Kompas.com - 13/10/2014, 12:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai mengunjungi Yogyakarta pada akhir minggu lalu, pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg hari Senin (13/4/2014) mengunjungi Jakarta untuk berpartisipasi dalam workshop developer Internet.org.

"Indonesia adalah negara yang sangat penting untuk Facebook, ada banyak sekali pengguna di sini," kata Zuckerberg saat membuka acara workshop di Hotel Four Seasons, Jakarta. Dia terlihat mengenakan kaus dan celana jeans seperti biasa.

Dalam pidato singkatnya, Zuckerberg menekankan pentingnya kolaborasi penyelenggara internet mobile untuk meningkatkan efisiensi data sekaligus menekan harga, mengingat sebagian besar pelanggan data mobile di Indonesia masih terhubung ke jaringan 2G.

"Dalam hal ini perlu ada kerjasama antara perusahaan telekomunikasi, penyedia konten, dan penyedia hardware jaringan," kata Zuckerberg.

"Ada banyak hal yang membatasi akses internet, bisa budaya dan lain-lain, untuk tema hari ini kita fokus ke persoalan ekonomi."

Kedatangan Zuckerberg di Indonesia merupakan bagian dari rangkaian kampanye Internet.org Asia Tour. Sebelumnya, orang nomer satu di Facebook tersebut telah mengunjungi India dan bertemu dengan Menteri Telekomunikasi negeri itu, Ravi Shankar.

Kegiatan workshop Internet.org dimaksudkan untuk memberi wawasan dan kemampuan pengembang aplikasi di Indonesia agar bisa menggunakan jaringan secara efisien dan membuat aplikasi yang dioptimalkan untuk kondisi jaringan di negara-negara berkembang. Di Indonesia, workshop Internet.org diselenggarakan melalui kerjasama Facebook dengan Ericsson dan operator seluler XL Axiata.

XL Axiata telah menciptakan metodologi baru untuk mengukur dan meningkatkan kinerja jaringan secara end-to-end dengan melakukan simulasi lewat Facebook. Optimalisasi itu disebut berhasil meningkatkan app cakupan aplikasi di jaringan XL hingga 70 persen.

Internet.org sendiri merupakan inisiatif tujuh perusahaan teknologi -termasuk di antaranya Facebook- untuk memperluas akses internet ke dua pertiga populasi global yang belum terhubung ke jejaring maya itu.Selain Facebook, perusahaan lain yang tergabung dalam internet.org adalah Ericsson, Opera, Mediatek, Samsung, Nokia, dan Qualcomm.

Sebelum hadir di workshop Internet.org, pagi ini Zuckerberg terlebih dahulu bertemu dan berdiskusi dengan presiden terpilih Joko Widodo di Balai Kota DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com