Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Facebook Komentari Gaya Kampanye Jokowi

Kompas.com - 13/10/2014, 15:03 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari ini, Senin (13/10/2014), Mark Zuckerberg bertandang ke Jakarta dalam rangka workshop efisiensi penggunaan data dan jaringan oleh aplikasi. Sebelumnya, pendiri Facebook itu bertatap muka dengan presiden terpilih Joko Widodo di Balaikota DKI Jakarta.

Zuckerberg pun sempat mengomentari sepak terjang Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi di media sosial.

"Presiden terpilih (Jokowi) adalah salah satu contoh bagus dalam penggunaan internet. Dia berhasil memakai media sosial dalam berkomunikasi langsung dengan masyarakat," ujar Zuckerberg kepada KompasTekno dalam sesi tanya jawab workshop di Hotel Four Seasons, Jakarta.

Jokowi memang dikenal giat memanfaatkan media sosial, seperti Facebook dan Twitter, dalam masa kampanye Pemilu Presiden 2014.

Zuckerberg mengaitkan penggunaan media sosial oleh Jokowi dengan pengalamannya mengunjungi Kampung Cyber di Yogyakarta, Minggu (12/10/2014) kemarin.

Di sana, Zuckerberg menuturkan bahwa ia melihat para warga kampung memakai media sosial untuk keperluan yang mirip, seperti melakukan sosialisasi jadwal kegiatan rukun tetangga (RT) dan lain sebagainya.

"Hati saya tergerak melihat orang-orang itu menggunakan media sosial dan internet untuk mengomunikasikan kegiatan mereka," ujar Zuckerberg lagi.

Kunjungan ke Indonesia ini adalah yang pertama kali bagi Zuckerberg. Dia bertandang dalam rangka Internet.org Asia Tour. Sebelumnya, Zuckerberg telah lebih dulu mampir di India.

Internet.org berfokus memperluas kesempatan akses internet bagi semua orang melalui efisiensi penggunaan data dan jaringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com