Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, Komentar di Facebook Bisa Pakai Stiker

Kompas.com - 14/10/2014, 10:22 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Fitur "sticker" dalam percakapan pesan instan sudah lazim digunakan, kini Facebook mengikuti tren itu dengan menambahkan fitur tersebut dalam obrolan postingan Facebook.

Penggunaan "sticker" untuk semua pengguna Facebook sudah bisa digunakan dalam semua komentar di postingan Timeline, Group, bahkan di Event, mulai Senin (13/10/2014).

Sticker bisa diakses oleh pengguna melalui ikon smiley yang tersedia di pojok kanan bawah kolom komentar. Pilihan stiker akan ditampilkan dan bisa dipilih oleh pengguna Facebook.

Stiker dalam komentar Facebook ini pertama kali diumumkan oleh Bob Baldwin, salah satu tim yang menggarap stiker agar tersedia di Facebook. Baldwin memposting screenshot timeline Facebook dengan stiker di halaman Facebooknya sendiri.

Menurutnya, stiker bisa membuat pengguna Facebook me-reply postingan dengan cara yang lebih menyenangkan. Mereka bisa menunjukkan ekspresi mereka dengan stiker tersebut.

Diceritakan Baldwin, ide stiker di Facebook pada mulanya muncul dalam acara Hackathon di New York. Ia bersama timnya menggarap ide tersebut dalam satu malam. Versi mobile-nya dikembangkan oleh Baldwin bersama rekan-rekannya belakangan, termasuk untuk versi iOS dan Android.

Namun, menurut Tech Crunch, dengan menambahkan stiker di kolom komentar, membuat thread percakapan menjadi lebih panjang ke bawah. Orang akan lebih sering menggeser layar ke bawah dan menghabiskan lebih banyak waktu membaca komentar.

Bagaimanapun, stiker merupakan cara baru Facebook menarik penggunanya agar lebih betah memakai aplikasi yang semakin banyak pesaingnya itu. Stiker untuk Facebook kini tersedia dalam versi web maupun mobile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com